Promosi Budaya Minangkabau Melalui Event Tour de Singkarak

Rizky Pramudia Ananta, Wulan Trigartanti

Abstract


Abstract. Tour De Singkarak event is an annual bicycle race event held in West Sumatra. This event is utilized by the government to carry out promotional activities for Minangkabau Culture.

Promotion is each marketing effort which has function to provide information or convince actual or potential consumers about the utility (merits) of a particular product or service that aims to encouraging consumers either continue or start purchasing products or services for a company at a certain price.

Promotion is carried out by preparation in a way  of budgeting, coordination meetings with all parties, preparing routes that will  be taken, socialization to the heads of the regions concerned and the community and tourists, then each region prepares a series of events related to Minangkabau culture. Cultural promotion carried out by using print media, electronic media, and social media so that the culture displayed can be known by local and foreign tourists.

Tour de Singkarak event is used by Departement of  Culture and Tourism to promote Culture because this event is an international level, which will later invite tourists to come to West Sumatra.

               

Keyword : Promotion, culture, Tour de Singkarak Event

 

Abstrak. Event Tour De Singkarak merupakan event balap sepeda tahunan yang di laksanakan di Sumatera Barat. Event ini di manfaatkan oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan promosi Kebudayaan Minangkabau.Promosi adalah setiap upaya marketing yang fungsinya adalah untuk memberikan informasi atau meyakinkan para konsumen actual atau potensial mengenai kegunaan (merits) suatu produk atau jasa tertentu dengan tujuan untuk mendorong konsumen baik melanjutkan atau memulai pembelian produk atau jasa peusahaan pada harga tertentu .

Promosi dilakukan dengan Persiapan dengan cara penganggaran dana,rapat koordinasi dengan semua pihak yg ,mempersiapkan rute-rute yang akan di tempuh, sosialisasi kepada kepala daerah yang bersangkutan serta  masyarakat dan wisatawan, Selanjutnya setiap daerah menyiapkan serangkaian acara yang berhubungan dengan kebudayaan Minangkabau.

Promosi kebudayaan yang dilakukan dengan menggunakan media cetak, media elektronik, serta media sosial agar kebudayaan yang di tampilkan dapat di ketahui oleh wisatawan local maupun mancanegara.

Event Tour de Singkarak dimanfaatkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk melakukan promosi Kebudayaan karena event ini bertaraf internasional yang nantinya akan mengundang wisatawan untuk berdatangan ke Sumatera Barat.

 

Kata Kunci : Promosi, Kebudayaan Minangkabau, Event Tour de Singkarak.


Keywords


Promosi, Kebudayaan Minangkabau, Event Tour de Singkarak.

Full Text:

PDF

References


Sastradipoera, Komaruddin. 2003. Menejemen Marketing. Bandung : Kappa-Sigma

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Yin, RobertK. 2015. Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mulyana, Deddy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosyad, Udung Noor. 2011. Komunikasi Pemasaran : “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap perluasan Pangsa Pasarâ€, dalam jurnal mimbar vol 27. No 2.( hal 2 )

ReferensiWeb :

http://www.sumbarprov.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18370

Flag Counter   Â