Media Relations sebagai Strategi Kehumasan dalam Program Japri

Auliya Afiefah, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract. The aim of this study is to know about the media relations management conducted by Humas Jabar as PR Strategy through “Jabar Punya Informasi†program. This study used case study qualitative study with approach used case study. The data collecting techniques were : interview, observation, documentation and literature review related to this research. The result from this research is 1) Humas Jabar build relationship with mass media through Dewan Pers as the legal institution for media verification and journalist 2) Humas Jabar providing services and facilities to the journalist when before and often the program 3) coordination between Humas Jabar and journalist while did the lobbying with the informant and when the publish the news 4) Humas Jabar doing the media relations regarding to the building relationship, building the image and attract public participant. However, there some facility there are several facilities considered less and need to be updated

 

Abstrak. Program Jabar Punya Informasi (JAPRI) merupakan program terbaru yang dimiliki oleh Humas Pemprov Jabar, program ini memfasilitasi wartawan dalam mencari informasi maupun berita yang berkaitan dengan Pemprov Jabar dengan harapan melalui program ini informasi maupun berita mengenai Pemprov Jabar dapat disebar secara luas kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media relations yang dilakukan oleh Humas Pemprov Jabar sebagai strategi kehumasan melalui program JAPRI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta studi kepustakaan yang sesuai dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Humas Pemprov Jabar membangun relasi dengan wartawan media melalui Dewan Pers sebagai lembaga verifikasi media serta wartawan 2) Humas Pemprov Jabar memberikan pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada wartawan media pada saat pra acara hingga pasca pelaksanaan program JAPRI 3) Adanya kerjasama yang dilakukan oleh Humas Pemprov Jabar dengan wartawan media saat melakukan lobby narasumber serta dalam penerbitan berita 4) Humas Pemprov Jabar melakukan media relations sesuai dengan tupoksi humas dalam membangun relasi dan membentuk citra serta partispasi publik. Namun, masih terdapat beberapa fasilitas yang diarsa kurang dan perlu diperbaharui.


Keywords


Media Relations, Humas Jabar, JAPRI.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations: Pendekatan Praktis untuk Menjadi Komunikator, Orator, Presenter dan Juru Kampanya Handal. Bandung: Widya Padjajaran.

Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan ke-15. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cutlip, Scott M., A.H. Center, dan G.M Broom. 2007. Effective Public Relations. Edisi ke-9. Cetakan ke-2. Penerjemah: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana.

Iriantara,Yosal. 2008. Media Relations:Konsep, Pendekatan dan Praktik. Cetakan ke-2. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nilla sari, Betty Wahyu. 2012. Humas pemerintah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ruslan, Rosady.2014. Manajemen Public Re;ations & Media Komunikasi. Cetakan ke-12. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2011. Management Public Relations & Media. Edisi ke-11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro. 2016. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan ke-10. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Diah, Wardhani. 2008. Media Relations : Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar - Dasar Public Relations. Bandung: LPPM UNISBA.

Internet:

“Humas Jabar Resmi Luncurkan Program Japri†http://www.prfmnews.com/berita.php?detail=humas-jabar-resmi-luncurkan-program-japri. Tanggal Akses 1 Juli 2019, Pukul 01.40 WIB

“Profil Humas Pemprov Jabar†http://humas.jabarprov.go.id/ Tanggal Akses 2 Juli 2019, Pukul 22.49 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18165

Flag Counter   Â