Makna E-commerce di Kalangan Mahasiswa

Elizar Putri Bunda, Maman Suherman

Abstract


Abstract. Business strategies through the internet are becoming popular nowadays due to the increase in internet users in the world and the exchange of goods or services between two institutions (business to business) and direct consumers (business to consumer), E-commerce is the process of selling / buying, or exchanging goods or services using computer networks. One of the most visited e-commerce sites is Lazada. The purpose of this study was to determine the meaning of E-commerce among students of the faculty of economics and business UNPAD Bandung force 2016. The research method used in this study was a qualitative method with a phenomenological study approach through interviewing, observation, documentation and literature study techniques. In this study asking about student motives using the Lazada application, communication that occurred between sellers and students, and the meaning of e-commerce applications Lazada on students. The results show that motives, communication, and the meaning of e-commerce are very helpful in the online shopping process and save time for the 2016 faculty of economics & business.
Keywords: E-commerce, Lazada, Meaning

Abstrak. Strategi bisnis melalui internet menjadi populer saat ini karena meningkatnya pengguna internet di dunia dan pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business) dan konsumen langsung (business to consumer), E-commerce merupakan proses penjualan/pembelian, atau pertukaran barang atau jasa dengan menggunakan jaringan komputer. Salah satu e-commerce yang banyak dikunjungi adalah Lazada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna E-commerce dikalangan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UNPAD  Bandung angkatan 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Fenomenologi melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Pada penelitian ini menanyakan tentang Motif mahasiswa menggunakan aplikasi Lazada, Komunikasi yang terjadi antara seller dengan mahasiswa, dan makna e-commerce aplikasi Lazada pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif, komunikasi, serta makna e-commerce sangatlah membantu dalam proses perbelanjaan online dan menghemat waktu bagi mahasiwa fakultas ekonomi & bisnis angkatan 2016.


Kata kunci : E-commerce, Lazada, Makna


Keywords


E-commerce, Lazada, Makna

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro, Q-Anees, 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekama Media.

Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1 Edisi 5. Jakarta: Erlangga

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Tjiptadi, B. 1984. Tata Bahasa Indonesia Cetakan II. Jakarta : Yudistira

Kuswarno, Engkus. 2009. Metode Penelitian Komunikasi : Fenomenologi, konsepsi, pedoman dan contoh penelitiannya,

Littlejohn, S.W. and K.A. Foss. 2005. Theories of Human Communication. 8th edition. Belmont,USA: Thomson Learning Academic ResourceCenter.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta

Jurnal :

Arnus, S. H. (2018). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-MUNZIR, 8(2), 275-289.

Hasbiansyah, O. (2008) .pendekaan fenomenologi: pengantar praktik penelitian dalam ilmu sosial dan komunikasi. Mediator : jurnalkomunikasi, 9(1), 163-180.

Munandar, H., & Suherman, M. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial. Jurnal Hubungan Masyarakat, Gelombang, 1, 2015-2016

Nindito, s. (2003). Fenomenologi Alfred Schutz: studi tentang konstruksi makna dan realitas dalam ilmu sosial.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17723

Flag Counter   Â