HUBUNGAN ANTARA CITRA YANG BERLAKU (CURRENT IMAGE) DENGAN TINGKAT HUNIAN (OCCUPANCY) KAMAR HOTEL GRAND ROYAL PANGHEGAR

Anissa Rachmawati Hassan, Husein Fahmi

Abstract


Pesatnya pertumbuhan di sektor pariwisata mempengaruhi pesatnya pembangunan di bidang pendukungnya maka dari itu persaingan di bidang perhotelan semakin ketat. Citra suatu perusahaan yang positif dapat mempengaruhi tingkat hunian kamar hotel. Keberhasilan sebuah hotel dapat di ukur dengan tingkat hunian kamar. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Citra Yang Berlaku dengan Tingkat Hunian Kamar Hotel Grand Royal Panghegarâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan keunggulan asosiasi Merek dengan Tingkat Hunian Kamar Hotel Grand Royal Panghegar; (2) Hubungan antara kekuatan asosiasi merek dengan tingkat hunian kamar Hotel Grand Royal Panghegar; (3) Hubungan antara keunikan asosiasi merek dengan tingkat hunian kamar Hotel Grand Royal Panghegar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasional, menggunakan sampel sebanyak 76 responden . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara citra yang berlaku dengan tingkat hunian kamar (occupancy). Tingkat hubungan antara citra yang berlaku dengan tingkat hunian kamar berada dalam kriteria sangat kuat yaitu berada pada nilai (0,772) artinya variabel citra yang berlaku yang baik diikuti dengan tingkat hunian yang baik pula. Variabel ini memberikan kontribusi sebesar 59,59% untuk tingkat hunian kamar.

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

A Yoeti, Oka, 2005, Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata, Jakarta: PT. Pradnya Paramita

Budi, Agung Permana, 2013, Manajemen Marketing Perhotelan, Yogyakarta: Penerbit Andi

Damardjati, R.S, 2006, Istilah – istilah Dunia Pariwisata, Jakarta; Pradnya Paramita

Kotler, Philip. Keller, Kevin Lane, 2008, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benyamin Molan, Edisi Keduabelas. Jilid I, Jakarta: Indeks

Nitisusastro, Mulyadi, 2012, Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta

Soemirat, Soleh. Ardianto, Elvinaro, 2012, Dasar – dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sugiarto, Endar, 2002, Hotel Front Office Administraction (Administrasi Kantor Depan Hotel), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Yulianita, Neni, 2000, Dasar – dasar Public Relations, Bandung: Lab Multimedia – Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.171

Flag Counter   Â