HUBUNGAN ANTARA KREDIBILITAS MARIO TEGUH DENGAN SIKAP POSITIF AUDIENCE

Rahayu Novitasari, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract: Metro TV is the private television station in Indonesia which provides a talk show program, namely "Mario Teguh Golden Ways". The people's enthusiasm to remain faithful watching this program cannot be separated from Mario Teguh's credibility as the communicator. The  positive attitude of society in their daily life can not also be separated from the influence of the mass communication effects, including the effects of exposure to television programs such as this Mario Teguh Golden Ways Talk Show program. This study aims to find out the relationship between Mario Teguh's credibility, in the Mario Teguh Golden Ways Program on Metro TV, and the audiences' positive attitude on the "Women Are Never Wrong" topic. The study uses the theory of credibilty, attitude and the theory of S-O-R as well. The respondents are those people who become the audience of Mario Teguh Golden Ways Program on Metro TV. The methods used is correlational method by having 138 audience as the respondents.  The data analysis is calculated by using the rank-order correlation formula (Spearman's Rho). The study has four pairs of indicators from two investigated variables. The result shows that each of these indicators are connected. Therefore, it can be assured that there is a relation between Mario Teguh's credibility, in the Mario Teguh Golden Ways Program on Metro TV, and the audiences' positive attitude on the "Women Are Never Wrong" topic.

Key Words: Credibility, Attitude, Talk Show, Mario Teguh Golden Ways.

Abstrak. Metro TV adalah salah satu stasiun televisi swasta Indonesia yang menyajikan program acara talk show, yaitu : “Mario Teguh Golden Waysâ€. Antusias masyarakat untuk tetap setia dalam menonton program acara Mario Teguh Golden Ways tentunya tidak lepas dari kredibilitas yang dimiliki Mario Teguh sebagai komunikator. Sikap positif masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya juga tidak terlepas dari adanya pengaruh efek komunikasi massa, termasuk efek dari terpaan program-program acara televisi seperti program acara talk show Mario Teguh Golden Ways.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kredibilitas Mario Teguh pada program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV dengan sikap positif audience terhadap tema Wanita Tidak Pernah Salah. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas, sikap, dan teori S-O-R. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung langsung sebagai audience program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional dengan jumlah responden sebanyak 138 audience. Teknik analisis data dihitung dengan menggunakan rumus korelasi rank-order (Spearmen’s Rho). Dalam penelitian ini terdapat empat pasang indikator dari kedua variabel yang diteliti. Hasil perhitungan penelitian menunjukkan, masing-masing pasangan indikator tersebut seluruhnya terdapat hubungan. Maka dapat dipastikan bahwa terdapat hubungan antara kredibilitas Mario Teguh pada program acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV dengan sikap positif audience terhadap tema Wanita Tidak Pernah Salah.

Kata Kunci : Kredibilitas, Sikap, Talk Show, Mario Teguh Golden Ways.

DAFTAR PUSTAKA :

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Reltions Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya :Edisi ke-2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana

Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Bandung : Ghalia Indonesia

Mulyana, Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaj

Rosdakarya

---------------------------. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta : Rineka Cipta

Soenarto, RM. 2007. Program Televisi : Dari Penyusunan Sampai Pengaruh Siaran. Jakarta : FFTV-IKJ Press

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sumber Lain :

detikNews, 2014, Sis Maryono Teguh, http://news.detik.com/tokoh/395/0/sis-maryono-teguh, Pukul 11.45, 19 November 2014


References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Reltions Kuantitatif dan

Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya :Edisi ke-2. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana

Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Bandung : Ghalia Indonesia

Mulyana, Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaj

Rosdakarya

---------------------------. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya

Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta : Rineka Cipta

Soenarto, RM. 2007. Program Televisi : Dari Penyusunan Sampai Pengaruh Siaran. Jakarta

: FFTV-IKJ Press

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sumber Lain :

detikNews, 2014, Sis Maryono Teguh, http://news.detik.com/tokoh/395/0/sis-maryono-teguh,

Pukul 11.45, 19 November 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.170

Flag Counter   Â