Brand Identity Jam Kayu Matoa dalam Menghadapi Persaingan

Mayang Kemala Sari, M. E. Fuady

Abstract


Abstract : Search business opportunities in the field used by many people to open a business one of the creative industries. By utilizing wood waste is converted into goods with high sales value. Many founder competing product highlight each one of them PT. Indonesia Matoa Digdaya the theme of culture Indonesian as the identity of its products and is pioneer watches wood in Indonesia. The purpose of this study was to determine the brand identity Matoa of wooden watch. The method used in this research is qualitative method, using a case study through interview techniques, documentation, online data retrieval, and literature study. The results showed how important brand identity for PT. Matoa the use of social media as a communication strategy, step PT. Matoa for create Brand identity of the brand as product, as person, as organization, and as symbol. Then how PT. Matoa Indonesia Digdaya compete retain its name for more than 9 years with many competitors.

Keywords : Creative Industries, Brand Identity, Indonesia PT. Matoa Digdaya Competition.

Abstrak : Pencarian peluang dalam bidang bisnis dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuka usaha salah satunya industri kreatif. Dengan memanfaatkan limbah kayu yang diubah menjadi barang dengan nilai jual tinggi. Banyak founder bersaing saling menonjolkan produk salah satunya PT. Matoa Indonesia Digdaya yang mengusung tema kultur budaya Indonesia sebagai identitas produknya dan merupakan pioneer jam tangan kayu di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Brand identity dari jam kayu merek Matoa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif, menggunakan Studi Kasus melalui teknik wawancara, dokumentasi, penelusuran data online, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan betapa pentingnya Brand identity bagi PT. Matoa, pemanfaatan media sosial sebagai strategi komunikasi, langkah PT. Matoa untuk membentuk identitas produknya sebagai merek produk, jati diri, organisasi, dan simbol. Serta cara PT. Matoa Indonesia Digdaya berkompetisi mempertahankan namanya selama kurang lebih 9 tahun dengan banyaknya pesaing.

Kata Kunci : Industri Kreatif, Brand Identity, PT.Matoa Indonesia Digdaya, Persaingan.


Keywords


Industri Kreatif, Brand Identity, PT.Matoa Indonesia Digdaya, Persaingan.

Full Text:

PDF

References


Aaker. David. 2002. Ekuitas Merek. Edisi Indonesia. Jakarta : Mitra Utama.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Sutrisna, Ellies . 2010. 12 Jurus Jitu Meroketkan Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

“Belajar Dari Keberhasilan Samsung dan Nokiaâ€. Imultidimensi Wordpress. 12 Agustus 2012. https://imultidimensi.wordpress.com/2012/08/12/belajar-dari-keberhasilan-samsung-dan-kesalahan-nokia/#more-1332, (diakses 18 Maret 2019 pukul 17:50 WIB).

Insani, Lavie dan Fuady, M.E. 2017. Strategi Personal Branding Praktisi Komunikasi Melalui Linkedin, Jurnal Komunikasi Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung, Hubungan Masyarakat, Gelombang 2, Tahun Akademik 2016-2017 hal 325.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16982

Flag Counter   Â