Hubungan Kampanye Gerakan #MulaiTanpaSedotan McDonald’s Indonesia dengan Sikap Konsumen dalam Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik (Studi Korelasional pada Gerai McDonald's Cabang Buah Batu)

Adelia Andhika Putri, Wulan Trigartanti

Abstract


Abstract. The problem of plastic waste is a problem that threatens the earth and global waters. Indonesia is the highest country of plastic users, especially disposable plastic straws. This problem needs to be followed up. Now, there is a lot of anti-plastic straw movements in Indonesia. McDonald 's Indonesia launched the #MulaiTanpaSedotan movement campaign on November 12, 2018. This research is entitled Relation of the #MulaiTanpaSedotan Movement Campaign McDonald 's Indonesia with Consumer Attitudes in Reducing the Use of Plastic Straws. The purpose of this research is to find out the relation between the #MulaiTanpaSedotan Movement Campaign and the Consumer Attitude. The theory used is Elaboration Likelihood Model Theory. This research uses a correlational method to determine the relations between variables. The population of this research is 960 consumers of McDonald’s outlets in Buah Batu, Bandung and using simple random sampling techniques which produced 91 respondents. The results of this research is there was significant relations between the #MulaiTanpaSedotan McDonald movement campaign and the consumer's attitude in reducing the use of plastic straws with a correlation coefficient 0,628.

Keywords: Campaign, Attitude, Elaboration Likelihood Model.

Abstrak. Masalah limbah plastik adalah permasalahan yang mengancam bumi dan perairan global. Indonesia sendiri menjadi negara tertinggi dalam pemakaian plastik, khususnya sedotan plastik sekali pakai. Permasalahan mengenai sampah sedotan plastik ini perlu ditindaklanjuti. Kini, di Indonesia sedang marak gerakan anti sedotan plastik. McDonald’s Indonesia meluncurkan kampanye gerakan #MulaiTanpaSedotan pada tanggal 12 November 2018. Penelitian ini berjudul Hubungan Kampanye Gerakan #MulaiTanpaSedotan McDonald’s Indonesia dengan Sikap Konsumen dalam Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kampanye Gerakan #MulaiTanpaSedotan McDonald’s Indonesia dengan Sikap Konsumen. Teori yang digunakan adalah Teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini menggunakan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antarvariabel. Populasi penelitian ini adalah konsumen gerai McDonald’s cabang Buah Batu, Bandung sebanyak 960 orang dan menggunakan teknik simple random sampling yang menghasilkan sebanyak 91 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kampanye gerakan #MulaiTanpaSedotan McDonald’s Indonesia dengan sikap konsumen dalam mengurangi penggunaan sedotan plastik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,628.

Kata Kunci: Kampanye, Sikap, Elaboration Likelihood Model.


Keywords


Kampanye, Sikap, Elaboration Likelihood Model.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2007. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Mulyana, Deddy. 2015. ILMU KOMUNIKASI Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Severin W. J, Tankard W. J. 2001. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Perbawaningsih, Yudi. 2012. “Menyoal Elaboration Likelihood Model (ELM) dan Teori Retorika”, dalam Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 9, No. 1, Juni 2012 (hal.1-17).

Maryani, Anne. 2002. “Komunikasi Persuasif, Kohesi Kelompok dan Apresiasi Seni Gamelan Sunda: Kasus di Kalangan Mahasiswa”, dalam Jurnal Komunikasi Vol. 3, No. 2, 2002 (hal. 349-372).




Flag Counter