Hubungan Antara Tayangan Wonder Food NET TV dengan Sikap Ibu Rumah Tangga Untuk Berkuliner

Luthvito Alfauzan, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract. Technological progress is something that cannot be avoided in this life, because technological progress will go according to the advancement of science. Every innovation is created to provide positive benefits to human life. Providing a lot of convenience, as well as a new way of doing human activities. Especially in the field of technology, people have enjoyed the many benefits brought by innovations that have been produced in the past decade. However, even though it was originaly created to produce positive benefits, on the other hand it is also possible to be used for negative things. No matter old or young, even children almost spend part of their growth period staring at this one thing. This was carried out by the Wonder Food on NET TV program which always provided a spectacle that entertained and provided knowledge about doing some culinary. The purpose of this study was to find out whether there was a relationship between the Wonder Food NET TV show and the attitude of housewives on doing some culinary activities. The theory used in this study is the Uses and Gratification Theory (Use Theory and Satisfaction). This theory explains that audiences have the power to decided which media to choose or use. Audiences have an active role in interpreting and integrating media into their lives. The method used in this study is the correlational method. The overall results of this study that the Wonder Food  NET TV show has a relationship with the attitude of the housewives on doing some culinary activities.

Keyword : Television, Attitude, Uses and Gratification Theory

Abstrak. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi ke hidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Tidak peduli tua ataupun muda, bahkan anak-anak pun hampir menghabiskan sebagian masa pertumbuhan mereka untuk menatap benda yang satu ini. Hal tersebut dilakukan oleh acara Wonder Food di NET TV yang selalu memberikan tontonan yang menghibur dan memberi pengetahuan tentang untuk berkuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tayangan Wonder Food NET TV dengan sikap ibu rumah tangga untuk berkuliner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification (Teori Penggunaan dan Kepuasan). Teori ini menjelaskan bahwa khalayak memiliki kekuasan untuk memutuskan media mana yang akan dipilih atau digunakan. Khalayak memiliki peran aktif dalam melakukan interprestasi dan mengintegrasikan media ke dalam kehidupannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Hasil keseluruhan dari penelitian ini bahwa tayangan Wonder Food NET TV memiliki hubungan dengan sikap ibu rumah tangga untuk berkuliner.

Kata kunci : Televisi, Sikap, Teori Uses and Gratification


Keywords


Televisi, Sikap, Teori Uses and Gratification

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dkk. 2007. Komunikasi Massa.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumber Lain :

(https://dikiumbara.wordpress.com/2018/11/03/menakar-rating-mengukur-pemirsa-tv/)

http://elibrary.unisba.ac.id/ (diakses 6 oktober 2018)




Flag Counter