Strategi Kampanye Program Gerakan Masyarakat Sehat "GERMAS" Dinas Keseahtan Jawa Barat

Vinny Zahra Shafaria, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract : The number of programs that must be run by every government agency that must be directly felt and to the people make the service must create the most effective, efficient, and innovative. So that the public can receive the message intact and well. One of the problems of the general public and the things that are so important that the information or knowledge received must be received properly and intact is Immunization, because as we know there is minimal information owned by the mother about the importance of complete immunization in children. The health office has a special program and special attention in this immunization which became one of the important points of the program of the Health Department which was packed in a program called "GERMAS" Healthy Community Movement. West Java Provincial Health Office, especially the Health Promotion In informing the program to the community in the point of immunization is done differently, that is by involving community organizations that are considered very close to the community to become an intermediary communicator in helping the program deliver the program.

Keywords: Health Department, Campaign Strategy, Community Organization, Program "GERMAS"

Abstrak : Banyaknya program yang harus dijalankan oleh setiap dinas pemerintahan yang harus langsung dirasakan dan sampai kepada masyarakatnya membuat dinas harus menciptakan cara yang paling efektif, efisien, dan inovatif. Sehingga masyarakat dapat menerima pesan dengan utuh dan baik. Salah satu yang menjadi permasalahan masyarakat umum serta hal sangat penting sehingga informasi atau pengetahuan yang di terima harus di terima dengan baik dan utuh adalah Imunisasi, karena seperti kita ketahui masih minimnya informasi yang dimiliki oleh ibu tentang pentingnya imunisasi lengkap pada anak. Dinas kesehatan memiliki program khusus dan perhatian khusus dalam imunisasi ini yang menjadi salah satu point penting program besar Dinas Kesehatan yang di kemas dalam program bernama “GERMAS†Gerakan Masyarakat Sehat. Dinas kesehatan provinsi Jawa Barat khususnya bagian Promosi Kesehatan Dalam menginformasikan program kepada masyarakat dalam point imunisasi dilakukan secara berbeda, yaitu dengan melibatkan organisasi masyarakat yang di anggap sangat dekat dengan masyarakat untuk menjadi komunikator perantara dalam membantu dinas menyampaikan program.

Kata kunci: Dinas Kesehatan, Stategi kampanye, Organisasi Masyarakat, Program “GERMASâ€


Keywords


Dinas Kesehatan, Strategi Kampanye, Organisasi Masyarakat, Program "GERMAS"

Full Text:

PDF

References


Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Lattimore,Dan.,& Baskin,Otis.,& Heiman,T,Suzette.,& Toth,L,Elizabeth,. (2010). Public Relation Profesi dan Praktik. Jakarta : Salemba Himanika.

http://www.follyakbar.id/2012/11/ayat-dan-hadits-tentang-komunikasi.html

Butterick, Keith. 2014. Pengantar Public Relations Teori Dan Praktik. Indonesia: Rajawali Pers

https://media.neliti.com/media/publications/178034-ID-paradigma-penelitian-kualitatif-dan-fils.pdf (diakses pada 19 Maret 2018, pukul 09:35 WIB)

Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus Desain& Metode. Jakarta: PT Raja grafindo.

Patilima, Hamid. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Alfabeta

Mukarom, Zainal: Laksana, Muhibudin Wijaya. 2015. Manajemen Public Relations. Bandung, Indonesia. CV Pustaka Setia.

Nurudin. 2016. Ilmu komunikasi ilmiah populer, Depok: PT. Raja Grafindo

Suryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16895

Flag Counter   Â