Hubungan Kredibilitas Pimpinan dengan Motif Berprestasi Karyawan BRI Cabang Naripan Bandung

Nisa Fitria Syahriani, Maman Suherman

Abstract


Abstract. BRI is the bank that has the highest assets and has the most offices and ATM satellites in Indonesia today. For the achievement, of course the role of the leader is very influential to form and direct his employees. To form and direct employees of a Leader must have good credibility, this is reflected in the BRI Branch of Naripan Bandung Branch. This triggered researchers to find out how the motives of employee achievement. This study uses a quantitative method with a correlational approach that aims to determine the level of significance between expertise and trust as an aspect of credibility according to Jallaludin Rakhmat, with the motive of achievement as the dependent variable. From research that uses total sampling which means the number of samples and population as many researchers find conclusions, that there is a significant relationship between the credibility of the leadership of BRI Branch Naripan Bandung with Employee achievement motive.

Keywords: BRI, credibility, achievement motive

Abstrak. BRI adalah Bank yang memiliki aset tertinggi juga memiliki kantor dan satelit ATM terbanyak di Indonesia saat ini. Atas pencapaian tersebut tentu peran pimpinan sangat berpengaruh untuk membetuk dan mengarahkan karyawannya. Untuk membentuk dan mengarahan karyawan seorang Pimpinan harus memiliki kredibilitas baik hal tersebut tercermin pada Pimpinan BRI Cabang Naripan Bandung. Hal ini memicu peneliti untuk mengetahui bagaimana motif berprestasi karyawan.  Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untk mengetahui tingkat signifikansi antara keahlian dan kepercayaan sebagai aspek dalam kredibilitas menurut Jallaludin Rakhmat, dengan motif berprestasi sebagai variabel terikat. Dari penelitian yang menggunakan penarikan sampel total yang berarti jumlah sampel dan populasi sama banyaknya peneliti menemukan kesimpulan, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kredibilitas pimpinan BRI Cabang Naripan Bandung dengan Motif Berprestasi Karyawan.

Kata Kunci: BRI, Kredibilitas, Motif berprestasi


Keywords


BRI, Kredibilitas, Motif berprestasi

Full Text:

PDF

References


Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Jurnal

Maman Suherman. 2001. Pengaruh Etos Pimpinan terhadap Motif Berprestasi Kerja Karyawan. Jurnal Mediator No. 56

Internet

- https://bri.co.id/-/raih-6-penghargaan-internasional-digital-innovation-bri-diakui-dunia

- https://bisnis.tempo.co/read/1023080/bri-jadi-bank-pemilik-jaringan-atm-terbanyak-di-indonesia/full&view=ok




Flag Counter