#atuheuy Sebagai Strategi Kampanye Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung

Chicha Annisa Saraswati, M. E. Fuady

Abstract


Abstract : #atuheuy is one of the text-friendly campaign strategies carried out by KPU Kota Bandung in Pilwalkot 2018. The campaign was carried out by the KPU Kota Bandung in an effort to disseminate information and understand about the election of Mayor and Deputy Mayor (Pilwalkot). In addition, this campaign is also aimed at increasing political participation, reducing apathy and a priori attitude towards political activities and activities, as well as a step to change people's perspectives on elections and regulate their implementation which is full of formality and rigidity.This research encourages KPU Kota Bandung campaign strategy. The aim is to find out the #atuheuy campaign process in Pilwalkot 2018, to find out about publicity and special events held by KPU Kota Bandung Election Commission, and to find out why KPU Kota Bandung uses publicity and special events for the #atuheuy campaign in Pilwalkot 2018.The research method used is qualitative with case studies. Through the techniques of in-depth interviews, observation, internet, documentation, and library studies that are relevant to research. The subjects in this study were key experimental informants of 4 (four) people, namely from the KPU Kota Bandung and the Team of Communication Consultants who helped in the #atuheuy communication activities, with speakers supporting 3 (three) people obtained from pilwalkot 2018 official social media followers and Public Consultants Relationship.The results of this study are the #atuheuy campaign process which is divided into 4 (four) namely research, planning, implementation and evaluation. The publication strategy that was held by KPU Kota Bandung was to classify the media, prepare material, and prepare various technical needs. The strategy of a special event held by KPU Kota Bandung included research, analysis, preparing technical matters, dividing the audience, and building communication and relations with the media. The reason for using publications and special events on the #atuheuy campaign in the 2018 pilwalkot is divided into two factors, namely internal factors to carry out the duties and functions of the KPU, increase the number of participation, provide awareness and political education, and gather community segmentation. While external factors are due to low levels of awareness, lack of political education, and a large number of people's perspectives on the implementation of monotonous elections.

Keywords: Public Relations Campaigns, Publications, Special Events.

Abstrak: #atuheuy merupakan salah satu strategi kampanye ramah teks yang dilakukan oleh KPU Kota Bandung dalam Pilwalkot 2018. Kampanye tersebut dilakukan KPU Kota Bandung dalam upaya menyebarluaskan informasi dan pemahaman mengenai pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot). Selain itu, kampanye ini juga ditujukan untuk meningkatkan partisipasi politik, menghilangkan sikap apatis dan  apriori terhadap aktifitas dan kegiatan politik, sekaligus sebagai langkah untuk mengubah sudut pandang masyarakat terhadap pemilu dan otoritas penyelenggaraannya yang  penuh dengan formalitas dan kaku. Penelitian ini dibatasi pada strategi kampanye KPU Kota Bandung. Tujuannya ialah untuk mengetahui proses kampanye #atuheuy pada Pilwalkot 2018, untuk mengetahui publisitas dan special event yang digelar oleh KPU Kota Bandung, serta untuk mengetahui alasan KPU Kota Bandung menggunakan publisitas dan special event dalam rangkaian kampanye #atuheuy pada Pilwalkot 2018. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Melalui teknik wawancara mendalam, observasi, internet, dokumentasi, dan studi kepustakaan yang relevan dengan penelitian. Subjek dalam penelitian ini untuk key informant berjumlah 4 (empat) orang yaitu dari KPU Kota Bandung dan Tim Konsultan Komunikasi yang turut membantu kegiatan kampanye #atuheuy, dengan narasumber pendukung 3 (tiga) orang yang berasal dari followers media sosial resmi pilwalkot 2018 serta Konsultan Public Relations. Hasil dari penelitian ini yaitu proses kampanye #atuheuy yang terbagi menjadi 4 (empat) tahap yaitu riset, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Strategi publikasi yang digelar oleh KPU Kota Bandung yaitu mengklasifikasikan media, mempersiapkan materi, dan mempersiapkan berbagai kebutuhan teknis. Strategi special event yang digelar oleh KPU Kota Bandung antara lain riset, menganalisis situasi, mempersiapkan hal teknis, membagi audiens, dan membangun komunikasi dan hubungan dengan media. Alasan penggunaan publikasi dan special event pada kampanye #atuheuy pada pilwalkot 2018 terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal untuk mengimplementasikan tugas dan fungsi KPU, meningkatkan jumlah partisipasi, memberikan awareness dan pendidikan politik, serta merangkul seluruh segmentasi masyarakat. Sedangkan faktor eksternal karena rendahnya tingkat kesadaran, kurangnya pendidikan politik, dan banyaknya sudut pandang masyarakat tentang pelaksanaan pemilu yang monoton.

Kata Kunci: Kampanye Public Relations, Publikasi, Special Event.


Keywords


Kampanye Public Relations, Publikasi, Special Event.

Full Text:

XML

References


Fuady, Muhammad E. 2006. Dilema Moral: Kepalsuan dan Keteladanan Komunikasi Politik di Indonesia. Dalam Jurnal Mediator Unisba Vol.7, No.2. Desember 2006. (hal 195-200)

Ismiani, Nanik. 2010. Modul Strategi Image/Soft Sell. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.

Habib, Hasan. 1993. Pendidikan Politik Dimulai dari Pendidikan Keluarga. Dalam Majalah Mimbar Pendidikan. Edisi No. 1 Tahun XII.

University Press IKIP Bandung. 1993 (hal 10-13).

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

____________. 2016. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsep dan Aplikasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo.




Flag Counter