Strategi Promosi INAP at Capsule Melalui Instagram

Yuni Yuliani, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


 

Abstract. Instagram is a popular media which is widely used as a media for promotion. One of them which use instagram is hostel INAP at Capsule. The research entitled the promotion strategy of INAP at Capsule through instagram. The purpose of this research is to find out and to use instagram analysis as a media for promotion, content provided in promotions through instagram, how INAP at Capsule responses to the customer feedback and the reasons INAP at Capsule chooses the publication form the customer as a feedback.This research use. qualitative method and use case study to approach the result. The writer collected the data from the interview, observation and literature review. Based on the result of the research that INAP at Capsule uses instagram as promotional media because the characteristics of the instagram that support the promotion of INAP at Capsule an the form of promotion that can be carried out according to the character of the service offered. The content presented by INAP at Capsule published through  the photo uploaded with interesting caption and story of instagram. INAP at Capsule take  a fast respon, using a proper communication and add a mention fitur to maintenance the customer feedback management. Customer publication techniquer as a form of customer visualization, visualization of uniqueness and visualization of service.

Keywordspromotion strategy, instagram content, feedback Management, publication techniques.

Abstrak. Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan sebagai media promosi. Tidak terkecuali Hostel INAP di kapsul yang menggunakan instagram untuk kegiatan promosinya. Penelitian ini berjudul Strategi Promosi INAP di Capsule melalui instagram. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari dan menganalisis instagram sebagai media promosi INAP di Capsule, konten yang disajikan dalam promosi melalui instagram, respon INAP di Capsule dalam pembahasan umpan balik pelanggan dan alasan INAP di Capsule memilih teknik publikasi pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pedekatan studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa INAP at Capsule memanfaatkan instagram sebagai media promosi karena karakteristik instagram yang mendukung kegiatan promosi INAP at Capsule serta bentuk promosi yang dilakukan bisa sesuai dengan karakter dari jasa yang ditawarkan. konten yang disajikan oleh INAP at Capsule berupa konten yang bersifat informasi dan pengetahuan yang dipublikasikan melalui fitur unggah foto dan instagram story. Pengelolaan feedback pelanggan oleh INAP at Capsule yaitu sigap dalam merespon, penggunaan bahasa yang tepat, menggunakan panggilan khusus serta menambahkan fitur mention. Teknik publikasi pengunjung sebagai bentuk visualisasi konsumen, visualisasi keunikan dan visualisasi jasa.

Kata Kunci : Strategi Promosi, Konten Instagram, Pengelolaan Feedback, Teknik Publikasi.


Keywords


Strategi Promosi, Konten Instagram, Pengelolaan Feedback, Teknik Publikasi

Full Text:

XML

References


Malau, Harman. 2015. Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasaran Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta

M Nisrina. 2015. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan

Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Priansa, Doni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu : Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Pandrianto, Sukendro. 2018.“Analisis Strategi Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement”. Dalam Jurnal Komunikasi. Vol. 10, No. 2. Hal 169.

Alyany, Novya dan Rochim, M. 2017. “Promosi Street Gourmet Bandung”, dalam Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat Vol. 2, No.2.

Permatasari, Laras dan fuady, M.E. “Strategi Promosi Brand Cosmic di Media Sosial Instagram”, dalam Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat Vol. 4, No.2.

(https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna-instagram-dari-indonesia di akses pada tanggal, 7 Maret 2019).

(https://www.romelteamedia.com/2018/04/pengertian-media-baru-new-media.html?m=0 diakses pada tanggal, 29 Maret 2019)

(https://dailysocial.id/post/riset-tns-generasi-terpelajar-dominasi-pengguna-instagram-di-indonesia?amp=1 akses pada, 2 juli 2019)




Flag Counter