Safari Media Sebagai Strategi Media Relations PT.Angkasa Pura II (Persero)

Dian Aprilia Hapsari, Subur Drajat

Abstract


Abstrack: PT Angkasa Pura II (Persero) is one of the State-Owned Enterprises that is engaged in the business of airport services and airport-related services in the territory of West Indonesia. One of them is Husein Sastranegara International Airport. As one of the big companies of PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Office of Husein Sastranegara International Airport Bandung must be able to manage media coverage very well. So from that the company carried out a media relations strategy in conducting all the news in the media. One of the flagship programs is the Safari Media program. The aims of this research to determine: (1) Reasons for PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Office of Husein Sastranegara Airport establishes Safari Media program; (2) To find out the Safari Media program planning process carried out by PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Office of Husein Sastranegara Airport; (3) To find out the process of implementing the Safari Media program conducted by PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Office of Husein Sastranegara Airport; (4) To find out the results obtained by PT. Angkasa Pura II (Persero) Husein Sastranegara Airport Branch Office after conducting a Safari Media program The method used in the study entitled Safari Media as a Media Relations Strategy of PT. Angkasa Pura II (Persero) is a qualitative research method by studying case studies through data collection techniques carried out in this study using interviews, observations and library studies relevant to research. The subjects in this study were the key informants of one person namely Public & Public Relations PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Office of Husein Sastranegara International Airport and three supporting informants from various media who have good relations with the company namely Kompas, CNN, and detik.com. The results of this study are two reasons behind the determination of the Safari Media program, the first being internal factors and external factors. Research planning planning, media mapping, theme and material preparation, coordination, and preparation of technical equipment. The Pelsanaan Media Safari program consists of implementing a strategy, an arrangement of events and implementing an implementation plan. The results obtained by PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Office of Husein Sastranegara Airport is a positive result that can improve the company's image.

Keywords: Public Relations, Media Relations, Strategy, Media, PT. Angkasa Pura II (Persero)

Abstrak: PT Angkasa Pura II (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah Indonesia Barat. Salah satunya yaitu Bandara Internasional Husein sastranegara. Sebagai salah satu perusahaan besar PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung harus dapat mengelola pemberitaan di media dengan sangat baik. Maka dari itu perusahaan melakukan strategi media relations dalam mengelola segala pemberitaan di media. Salah satu program unggulannya yaitu adalah program Safari Media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Alasan PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara menetapkan program Safari Media; (2) Untuk mengetahui proses perencanaan program Safari Media yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara; (3) Untuk mengetahui proses pelaksanaan program Safari Media yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara; (4) Untuk mengetahui hasil didapat oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara setelah melakukan program Safari Media Metode yang digunakan dalam penelitian yang berjudul Safari Media Sebagai Strategi Media Relations PT. Angkasa Pura II (Persero) yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi kepustakaan yang relevan dengan penelitian. Subjek dalam penelitian ini untuk key informan berjumlah satu orang yaitu Public Relations & General Affairs PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Husein Sastranegara dan tiga orang informan pendukung yang berasal dari berbagai media yang memiliki hubungan baik dengan perusahaan yaitu Kompas, CNN, dan detik.com. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat dua alasan yang melatarbelakangi ditetapkannya program Safari Media, yang pertama yaiitu faktor internal dan faktor eksternal. Proses perencanaan meliputi riset, media mapping, menyiapkan tema dan materi, koordinasi, dan menyiapkan perlengkapan teknis. Proses pelsanaan program Safari Media terdiri dari menerapkan strategi, susunan acara dan terdapat hambatan saat pelaksanaan program. Hasil yang didapat oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara merupakan hasil positif yang dapat meningkatkan citra perusahaan.

Kata Kunci: Public Relations, Media relations, Strategi, Media, PT. Angkasa Pura II (Persero)


Keywords


Public Relations, Media relations, Strategi, Media, PT. Angkasa Pura II (Persero)

Full Text:

XML

References


Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations: Konsep Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Iriantara, Yosal. 2008. Media Relations: Kosep, Pendekatan dan Praktik. Cetakan ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offiset.

Iriantara, Yosal dan Surachman, Yani. 2011. PR Writing: Pendekatan Teoritis dan Praktis. Cetakan ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offiset.

“Sejarah Perusahaan”,https://www.angkasapura2.co.id/id/tentang/sejarah. Tanggal Akses 15 Januari 2019. Pukul 10.02 WIB




Flag Counter