Strategi Marketing Public Relations Trans Studio Bandung Melalui Event Peresmian Wahana Pemhuru Badai

Naura Fadhila, M. Husen Fahmi

Abstract


Abstract. Currently in Indonesia theme park with a recreation concept as amusement park is not a new thing, which now people are looking for a tourism destination as amusement park indoor or outdoor for example “Trans Studio Bandungâ€. On August 2018 Trans studio Bandung launched their new ride which is “Pemburu Badaiâ€, to introduce the new ride to public Trans Studio Bandung held a launching event for the new ride. In the launching event for the new ride, Trans Studio Bandung has specific strategies not only to make people know that Trans Studio Bandung have a new ride, but also to attracted people to come to Trans Studio Bandung. The purpose of this study is to analyze the public relations marketing strategy in Trans Studio Bandung at planning, implementation, and evaluation on the launching event of “Pemburu Badaiâ€. The method which used in this study is qualitative method with case study approach. The result of the study is Trans Studio Bandung used public marketing strategy through the event grand launching of “Pemburu Badai†and used pull, push, and pass strategy. By invited the buzzers to try their new ride “Pemburu Badai†and invited media afterwards, so media could make a publication about the new ride “Pemburu badaiâ€, then by using testimonial or feedback from the visitors who visit the comment column on the instagram page of Trans Studio Bandung.

Keyword: public relations marketing strategy, trans studio bandung, ride, pemburu badai, event, marketing communication, pull, push, pass strategy.

Abstrak. Di Indonesia saat ini Theme Park yang berupa wisata dengan konsep wahana hiburan bukanlah satu hal yang baru, di mana sekarang masyarakat telah mencari destinasi wisata yang bebasis wahana indoor maupun outdoor contohnya “Trans Studio Bandungâ€.  Untuk mengenalkan wahana baru tersebut kepada publik, Trans Studio Bandung mengadakan event peresmian wahana baru tersebut. Dalam event peresmian wahana baru, Trans Studio Bandung memiliki strategi – strategi tertentu agar selain publik mengetahui Trans Studio Bandung memiliki wahana baru tetapi juga agar masyarakat semakin teratarik untuk datang ke Trans Studio Bandung. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi marketing public relations Trans Studio Bandung dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada event peresmian wahana pemburu badai serta mengapa departement marketing communication melaksanakan kegiatan tersebut melalui event peresmian wahana pemburu badai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu Trans Studio Bandung menggunakan strategi marketing public melalui event peresmian wahana pemburu badai adalah dengan menggunakan pull, push, dan pass strategy.  Dengan menarik melalui mengundang buzzer – buzzer untuk mencoba wahana pemburu badai terlebih dahulu dan mem-share video teaser wahana pemburu badai, lalu mengundang khalayak media agar media dapat mempublikasikan berita mengenai wahana pemburu badai, kemudian dengan menggunakan tesitimoni dari pengunjung yang sudah datang di kolom komentar sosial media instagram Trans Studio Bandung.

Kata kunci : strategi marketing public relations, trans studio bandung, wahana, pemburu badai, event, marketing communication, pull, push, pass strategy.


Keywords


strategi marketing public relations, trans studio bandung, wahana, pemburu badai, event, marketing communication, pull, push, pass strategy.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Linggar. 2005. Teori dan profesi kehumasan. Jakarta : Bumi Aksara

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Beard, Mike. 2001. Manajemen Departemen Public Relations. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Gaffar, Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel (Customer Relationship Management and Marketing Public Relations). ALFABETA : Bandung

Handayani, Desy & dkk. 2010. The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Jakarta : Esensi Erlangga Group

Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations, Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana

Macnamara, 1996. Promosi Public Relations, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan, M.A. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana prenada Media Group.

O’Toole William, Phyllis Mikolaitis. 2007. Corporate Event Management. Jakarta; PPM.

Oliver, S. 2007. Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Ruslan, Rosady. 1998. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi (Konsep dan Aplikasi). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soemirat Soleh. Ardianto Elvinaro. 2003. Dasar – Dasar Public Relations. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Yulianita, Neni. 2005. Dasar-dasar Public Relations. Pusat Penerbitan Universitas Bandung.

Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus : Desain & Metode. Jakarta : Grafindo.

INTERNET

http://arcom.co.id/2018/09/04/trans-studio-bandung-luncurkan-wahana-ekstrem-terbaru-pemburu-badai/. Tanggal akses 20 september 2018 pkl 17.48

http://industri.kontan.co.id/news/liburan-pengunjung-trans-studio-bandung-naik-20. Tanggal akses 30 Juni 2018, pk 19.51.

https://id.wikipedia.org/wiki/Trans_Studio_Bandung. Tanggal akses 28 juni 2018, pk 23.16.

http://jabarekspres.com/2018/tsb-luncurkan-pemburu-badai/. Tanggal akses 20 september 2018 pkl 15.50.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16194

Flag Counter   Â