Skateboarder Wanita Berhijab dalam Balutan Feminisme

Fissy Fauzi Kusuma, Teguh Ratmanto

Abstract


Abstract. This research contains a research proposal that aims to find out and explain the Representation of Hijab Skateboarders for Women in Wrap Feminism (Qualitative Study of Representation of Berhijab Women's Skateboarder Imagery in Wardah Ads by Using Sara Mills's Critical Discourse Analysis). This research method uses a qualitative approach using the Sara Mills critical discourse analysis approach. Sara Mills focuses on how a party is told by another party and how a reader is positioned by the author. Through the Sara Mills model of critical discourse analysis, we can find out how and why women are represented in Hijab Fresh & Body Lotion Advertisements. The study entitled "Skateboarder for Hijab Women in Wrap Feminism" will reveal how women in the perception of that ideology. The conclusion is, that women were almost as the subject of every scene, writing, and discourse in the mass media from patriarchal situations around. In the release of Fresh Hand & Body Lotion, women are positioned as the main characters. The audience is positioned to defend the messages on the Fresh Hand & Body Lotion ad. The audience was invited to see the reality of the marginalization received by women. In addition to fighting against patriarchal culture, women also still have to fight against capitalism, because not all advertisements that use women as the main characters purely support these movements, many of which are inserted into the interests of the capitalists.

Keywords : Women, feminism, critical analysis of Sara mills

Abstrak. Penelitian ini berisi proposal penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai Representasi Skateboarder Wanita Berhijab dalam Balutan Feminisme (Studi Kualitatif Representasi Citra Skateboarder Wanita Berhijab dalam  Iklan Hijab Fresh & Body Lotion dengan Menggunakan Analisis Wacana Kritis Sara Mills). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan pendekatan analisis wacana kritis model Sara Mills. Sara Mills memfokuskan bagaimana sebuah pihak diceritakan oleh pihak lain dan bagaimana seorang pembaca diposisikan oleh penulis.  Lewat analisis wacana kritis model Sara Mills, kita bisa mencari tahu bagaimana dan mengapa wanita direpresentasikan dalam Iklan Hijab Fresh & Body Lotion. Penelitian berjudul “Skateboarder Wanita Berhijab dalam Balutan Feminisme†ini akan mengungkapkan bagaimana wanita dalam persepsi ideologi tersebut. Kesimpulannya, wanita hampir selalu menjadi subjek dalam setiap adegan, tulisan, dan wacana yang ada di media massa dari situasi patriaki di sekitar. Dalam ilklan Fresh Hand & Body Lotion, wanita diposisikan sebagai tokoh utama. Penonton diposisikan untuk membela pesan-esan yang ada pada iklan Fresh Hand & Body Lotion. Penonton diajak melihat kenyataan marjinalisasi yang diterima oleh wanita. Selain berperang melawan budaya patriarki, wanita pun masih harus berjuang melawan kapitalisme, karena tidak semua iklan yang menggunakan wanita sebagai tokoh utama murni mendukung gerakan-gerakan tersebut, banyak yang disisipi oleh kepentingan kaum kapitalis.

Kata kunci : wanita, feminisme, analisis wacana kritis sara mills


Keywords


wanita, feminisme, analisis wacana kritis sara mills

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2001. Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta : LkiS.

Gamble, Sarah. 2010. Pengantar Memahami Feminisme dan Postfeminisme. Yogyakarta : Jalasutra.

Mills, Sara. 1995. Feminist Stylistics. London : Routdlege.

________, Sara. 2004. Discourse. London : Routledge.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor : Penerbit Ghalia




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15517

Flag Counter   Â