KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE

andhika - alfarisi, Ida Nur'aini Noviyanti

Abstract


Abstrak. Era digital dan Internet saat ini memberikan banyak keuntungan ditambah dengan kehadiran media sosial saat ini yang sering dimanfaatkan dalam kegiatan E-marketing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan komunikasi pemasaran online Fourspeed Metalwerks di media sosial khususnya Instagram mengenai efek kognitif dan efek afektif kegiatan komunikasi pemasaran dalam mendorong followers untuk membeli produk Fourspeed Metalwerks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metodologi penelitian menggunakan rumus slovin dalam penentuan jumlah sampel, sample pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menjelaskan, efek kognitif yang dilakukan Fourspeed Metalwerks dalam kegiatan komunikasi pemsaran melalui media sosial khususnya Instagram memberikan kesadaran bahwa Fourspeed Metalwerks merupakan produk aksesoris logam handmade dengan detail tinggi dan karakter yang kuat. Instagram Fourspeed memberikan informasi-informasi yang menambah pengetahuan followers mengenai produk yang ditawarkan. Efek afektif pada kegiatan komunikasi pemasaran Fourspeed Metalwerks melalui media sosial khususnya Instagram mendorong penjualan melalui photo, video, dan informasi yang diberikan oleh Fourspeed Metalwerks melalui Instagram. Fourspeed Metalwerks membuat followers menyukai dan menginginkan produk yang ditawarkan melalui Instagram dan Fourspeed Metalwerks membuat para followers yakin bahwa produk Fourspeed Metalwerks merupakan produk yang berkualitas sehingga followers melakukan pembelian produk Fourspeed Metalwerks.

 

Kata kunci : Komunikasi pemasaran, E-Marketing, media sosial, Instagram dan followers


References


Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut ( Word of Mouth Marketing ).

Yogyakarta: Media Press Indo.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. England:

Pearson Education.

Puntoadi. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex

Media Komputindo.

www.fourspedweb.com

www.instagram.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.154

Flag Counter   Â