Personal Branding Yulia Baltschun sebagai Diet Vlogger Melalui Youtube

Trivika Ayu Aulia, Riza Hernawati

Abstract


Abstract. The emergence of New Media has become an alternative type of media used by audiences as a means of information seeking. In order to be widely known, a user of this type of media needs to form a personal branding. Personal branding also needs to be formed so that it has distinctive features. Personal branding can be shown in a variety of content on social media, including on Youtube. Nowadays, Youtube has become a media that is often accessed by audiences. The content on YouTube is currently developing, one of them is vlog. Vlog is a video that contains opinions, stories, and daily activities that were previously used to be written in the blog. Currently, there are many YouTube content that have a focus on healthy lifestyles, one of which is Yulia Baltschun. However, Yulia Baltschun has a difference from other Indonesian diets vlogger. Having an official nutritionist certification, Yulia Baltschun's vlog content can be used as a trusted source of information. This study discusses the form of personal branding strategy carried out by Yulia Baltschun as a diet vlogger on Youtube. The research method used is qualitative with a case study approach. Research data is obtained by conducting observations, interviews, documentation and literature review. The results shows that Yulia Baltschun formed her personal branding by showing her skills, styles (styles), and standards on her vlog content. The consistency shown by Yulia Baltschun in the process of personal branding is monthly well-planned. Her content in the YouTube channel contains everything about a healthy lifestyle. From the content, Yulia Baltschun's identity is detemined by her authenticity, integrity, consistency, specialization, authority, diversity, relevance, visibility, consistency, goodwill, and performance. By forming the right self identity, Yulia Baltschun succeeded in forming the right personal branding.

Keywords: Personal Branding, Vlogger, Youtube, Yulia Baltschun

Abstrak. Munculnya New Media telah menjadi alternatif jenis media yang digunakan khalayak sebagai sarana pencarian informasi. Agar dapat dikenal secara luas, seorang pengguna jenis media ini perlu membentuk sebuah personal branding. Personal branding juga perlu dibentuk agar memiliki ciri khas. Personal branding dapat ditunjukan dalam berbagai macam konten-konten yang ada di media sosial, termasuk dalam media sosial youtube. Saat ini, media youtube termasuk kedalam media yang sering diakses oleh khalayak. Konten-konten pada youtube saat ini juga semakin berkembang, salah satunya vlog. Vlog adalah video yang berisi mengenai opini, cerita, juga kegiatan harian yang sebelumnya biasa dibuat dalam bentuk tertulis pada blog. Saat ini, banyak konten-konten youtube yang memiliki fokus pola hidup sehat, salah satunya adalah Yulia Baltschun. Namun, Yulia Baltschun memiliki perbedaan dari diet vlogger Indonesia lainnya. Memiliki sertifikasi ahli gizi resmi, konten vlog Yulia Baltschun dapat digunakan sebagai sebuah sumber informasi yang terpercaya. Penelitian ini membahas tentang bentuk strategi personal branding yang dilakukan oleh Yulia Baltschun sebagai seorang diet vlogger di Youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan melalukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yulia Baltschun membentuk personal branding-nya dengan menunjukkan kemampuan, style (gaya), dan standar yang dimiliki pada setiap kontent vlog-nya. Konsistensi yang ditunjukkan Yulia Baltschun dalam proses personal branding dilakukan dengan melakukan sebuah perencanaan (planning) setiap bulannya. Adapun konten dalam channel youtube-nya berisi mengenai segala sesuatu tentang pola hidup yang sehat. Berdasarkan konten yang terdapat di dalam channel youtube-nya, identitas diri Yulia Baltschun ditunjukkan dari keotentikan, integritas, konsistensi, spesialisasi, otoritas, keberbedaan, relevan, visibilitas, pesistensi, goodwill, dan kinerjanya. Dengan membentuk identitas diri yang tepat tersebut maka Yulia Baltschun berhasil membentuk personal branding yang tepat.

Kata Kunci : Personal Branding, Vlogger, Youtube, Yulia Baltschun


Keywords


Personal Branding, Vlogger, Youtube, Yulia Baltschun

Full Text:

PDF

References


Mc nally, David dan Karl D. Speak. 2002. Be Your Own Brand. Inc. San Fransisco: Berret Koehler Publisher.

Moelong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rampersad, Hubert K. 2008. Authentic Personal Branding.Penerjemah Lina Susanti Wijaya. 2008. Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14646

Flag Counter   Â