HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN IKLAN POLITIK PARTAI GERINDRA DENGAN SIKAP MAHASISWA UNTUK MEMILIH GERINDRA PADA PEMILU

Risadatika Gani, Maman Chatamallah

Abstract


Kampanye politik di Indonesia telah berkembang, seiring dengan bertambah majunya teknologi dan perubahan sistem pemilihan umum (pemilu). Maka dari itu para pelaku politik berlomba-lomba untuk menarik simpati masyarakat, salah satunya dengan cara membuat sebuah iklan politik yang ditayangkan di statsiun televisi. Iklan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Salah satu partai politik yang paling sering menayangkan iklan politiknya yaitu partai Gerindra. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara tayangan iklan politik partai Gerindra dengan sikap Mahasiswa untuk memilih Gerindraâ€. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas iklan, daya tarik pesan, dan daya tari iklan dengan sikap mahasiswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu, strata prporsional sehingga di dapat 100 sampel yang berasal dari setiap fakultas angkatan 2011 yang ada di Universitas Islam Bandung. Berdasarkan hasil uji statistik yang sudah dilakukan, pengujian tersebut menunjukkna bahwa terdapat hubungan antara intensitas, daya tarik pesan, dan daya tarik iklan terhadap sikap mahasiswa untuk memilih Gerindra pada pemilu 2014.

 

Kata kunci : komunikasi massa,media massa,televisi,iklan politik, sikap


References


Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafied. 2011. Komunikasi Politik: konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, Onong Uchyana. 2003. Ilmu Komunikasi, Teori, dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Harjanto, Rudy. 2009. Prinsip-prinsip Periklanan. Jakarta: Dewan Perguruan Periklanan Indonesia.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan: konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pusaka Utama Grafiti.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Liliweri, Allo. 1992. Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan.Bandung: PT.Citra Adiya Bakti.

Nuruddin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT.rajaGrafindo Persada.

Olli Helena dan Novi Erlita. 2011. Opini Publik. Jakarta: PT. Indeks.

Rakhmat, Jalaluddin.2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14

Flag Counter   Â