AGENDA MEDIA TAYANGAN CABE-CABEAN DI ACARA “SELAYANG PANDANG†METRO TV

Nanda Vahlevi

Abstract


Abstrak. Metro TV telah menciptakan agenda media pada program Selayang Pandang dalam menginformasikan sebuah berita fenomena dari kasus Cabe-cabean di luar konteks program Metro TV yang dikenal oleh masyarakat yaitu menyebarkan informasi berita seperti Headline News, Breaking News dan lain sebagainya. Hal tersebut bagian dari agenda media yang dirancang Metro TV agar minat masyarakat sebagai penontonnya menilai Metro TV bisa menayangkan kasus berita yang sering dibicarakan di mata masyarakat, bukan hanya sekedar menginformasikan berita mengenai politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Dari sinilah bisa melihat betapa sebuah media mampu untuk memberitakan berbagai macam kasus fenomena sekalipun stasion TV tersebut mempunyai segmentasi diluar konteks pemberitaan.Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi. Metode ini merepresentasikan sebuah tayangan cabe-cabean di Metro TV yang bertajuk selayang pandang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara sebagai data primer dan observasi serta studi kepustakaan sebagai data sekunder. Hasil penelitian ditinjau dari visibility, audience salience, velence (valensi), tayangan acara Cabe-cabean di Selayang Pandang Metro TV bertujuan untuk menciptakan daya tarik masyarakat sebagai khalayak penonton yang tertarik kepada berita fenomena yang sedang hangat dibicarakan.

 Kata Kunci : Agenda Media, Cabe-cabean, Metro TV




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.139

Flag Counter   Â