Promosi Dreezel Coffee ( Studi Kasus terhadap Promosi yang Dilakukan Dreezel Coffee)

Abdul Aziz Mukhlish, Riza Hernawati

Abstract


Abstract. Dreezel is a coffee shop located at Jalan Cisangkuy no.56, Bandung. Dreezel Coffee Shop was established on February 19, 2015. Dreezel becomes the favorite coffee shop for young people in Bandung and it has always been crowded. By using an unused security post as a bar, Dreezel coffee shop is able to attract young people to drink coffee with the best blend of barristers. On the other hand, the development of coffee shops in Bandung alone tends to be quite rapid which results many new competitors for Dreezel. Uniquely, Dreezel are not losing their loyal customers and are able to attract the attention of new customers. This study aims to find out the unique promotion strategy of Dreezel coffee shop, as well as to identify the main phenomena in this coffee shop. The study uses qualitative research methods with a case study approach, in order to gain a deep understanding and find the uniqueness of this coffee shop. The data is collected by conducting in-depth interviews, non-participant observation, literature study and documentation. The results of this study indicate that the promotion strategy perfomed by Dreezel is by conducting word-of-mouth communication and using social media. In addition, Dreezel also applies the Open Bar program, one of the things that distinguishes Dreezel from other coffee shop. The concept of the place, the quality of products and the service with the right price makes Dreezel never empty of visitors.

Keywords: Coffeeshop, Dreezel Coffee, Case study.

Abstrak. Dreezel coffee adalah coffe shop yang berlokasi di Jalan Cisangkuy no.56 Kota Bandung. Dreezel coffee berdiri sejak 19 Februari 2015, Dreezel merupakan coffee shop favorit anak muda di Bandung dan selalu ramai dikunjungi. Dengan  memanfaatkan pos satpam yang sudah tidak terpakai sebagai barnya, Dreezel coffee mampu menarik perhatian anak muda untuk meminum kopi dengan racikan terbaik dari baristanya. Disisi lain, Perkembangan kedai kopi di Bandung sendiri terbilang cukup pesat dan banyak kompetitor baru yang menjadi saingan Dreezel coffee. Uniknya, Dreezel coffee tidak kehilangan konsumen setia dan mampu menarik perhatian pelanggan baru. Dalam penelitian ini, penulis mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus agar dapat memahami keunikan dari obyek yang diteliti serta mengeksplorasi fenomena utama pada obyek yang diteliti sehingga memperoleh pemahaman yang mendalam dan menemukan sesuatu yang unik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, Observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan Dreezel Coffee adalah komunikasi mulut ke mulut dan menggunakan media sosial serta Dreezel membuat program Open Bar sebagai salah satu hal yang membedakan Dreezel dengan café lain. Konsep tempat, kualitas produk serta pelayanan, dengan harga yang sesuai membuat Dreezel tidak pernah sepi pengunjung.

Kata Kunci: Coffee shop, Dreezel coffee, Studi Kasus.

 


Keywords


Coffee shop, Dreezel coffee, Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, Chaedar. 2015. Pokoknya Studi Kasus (Pendekatan Kualitatif). Bandung: PT. Kiblat Buku Utama

Juliansyah, Evi. 2008. Promosi Public Relations. Bandung: CV. Mandar Maju.

Kennedy, John E., dan Soemanegara. 2006, Marketing Communication, Bhuana Ilmu Populer, Jakarta

Kotler dan Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Indeks

Moleong, Lexy, J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution. 2006. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Rudy Harjanto, Sunarto Praditno. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajwali Pers.

Solomon, Michael R. (2011). Costumer Behavior: Buying, Having and Being,9th ed., New Jersey: Person addison Wesley.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Pasaribu, Fajar.2009. “Pengaruh Patronage Buying Motives Terhadap Proses Keputusan Wisatawan Mengunjungi Argo Wisata Dan Wana Wisata di Sumatera Utara, dalam Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Vol. 9 No. 2/Serpetmber 2009

“Peran Strategi Komunikasi Pemasaran Word of Mouth Dalam Pengambilan KeputusanKonsumenâ€,http://download.portalgaruda.org/article.php?article=97995&val=617. Diakses pada tanggal 27 Juli 2018 pukul 23.00 WIB

https://www.facebook.com/DreezelCoffee diakses pada tanggal 2 Juni pukul 21.35 WIB

https://www.instagram.com/dreezelcoffee diakses pada tanggal 2 Juni pukul 21.00 WIB

www.majalahkartini.co.id diakses pada tanggal 21 April 2018 pukul 19.00 WIB

www.okezone.com diakses pada tanggal 21 April 2018 pada pukul 19.20 WIB

www.pergikuliner.com diakses pada tanggal 21 April 2018 pukul 20.00 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12924

Flag Counter   Â