Strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat

Shinta Cynthiawanti Maulana, Maya Amalia Oesman Palapah

Abstract


Abstract.West Bandung Regency Government is now aggressively developing existing natural tourism potential. At present, many natural attractions are planned to be developed. The potential of West Bandung is very interesting because of its strategic geographical location. Nowadayas, tourists are likely to visit West Bandung Regency as their destination. This study aims to find out the marketing strategies of PR conducted by the Department of Tourism and Culture of West Bandung Regency in continuing to develop the natural tourism program to be better; as well as the reasons and obstacles encountered in carrying out the strategy. The specific objective of this research is to analyze the marketing strategy of the PR of the West Bandung Regency Tourism and Culture Office in developing natural tourism programs. This research was conducted using qualitative research methods and using a single case study approach. The results shows that the PR Marketing strategy carried out by the Department of Tourism and Culture in developing natural tourism facilities works very well. The concept and tactics of the Marketing PR strategy used are also applied smoothly. This natural tourism destination has the full support of the Department of Tourism and Culture and the manager. This shows that the kind of destination will be countinuosly developing and will not be closed by the local government itself.

Keywords: Public Relations, Department of Tourism, Marketing Strategy, natural tourism

Abstrak. Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat kini gencar mengembangkan potensi wisata alam yang ada. Saat ini, banyak sekali tempat wisata alam yang akan dikembangkan. Potensi yang dimiliki oleh Bandung Barat ini sangat menarik karena letak geografis yang sangat strategis. Para wisatawan pun kini banyak mengunjungi Kabupaten Bandung Barat sebagai tempat tujuannya. Hal yang kemudian menarik untuk diteliti adalah strategi-strategi Marketing PR apa sajakah yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat dalam tetap mengembangkan program wisata alam tersebut menjadi lebih baik, serta alasan dan hambatan apa saja yang mereka temui dalam melakukan strategi tersebut. Tujuan khusus penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana strategi Marketing PR Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat dalam mengembangkan program wisata alam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Hasil penelitian  menunjukan bahwa strategi Marketing PR yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam mengembangkan wana wisata alam berjalan sangat baik. Konsep dan taktik dari strategi Marketing PR yang digunakan pun berjalan lancar. Wana wisata ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan maupun pengelola. Ini menunjukkan bahwa wana wisata dapat tetap berkembang bahkan tidak ditutup oleh pemerintah daerah itu sendiri.

Kata Kunci: Public Relations, Dinas Pariwisata, Strategi Marketing, wisata alam.


Keywords


Public Relations, Dinas Pariwisata, Strategi Marketing, wisata alam

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilan belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, Imam. 2014. METODE PENELITIAN KUALITATIF: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

L. Harris, Thomas. 1991. The Marketer’s Guide To Public Relations. Amerika: John Wiley & Sons, Inc

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yin, Robert. 2015. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yulianita, Neni. 2003. Dasar – Dasar Public Relations. Bandung: P2U LPPM UNISBA




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12752

Flag Counter