Kegiatan Public Relations di Badan Pengelola Pendapatan Daerah kota Bandung dalam Mensosialisasikan Bayar Pajak

Awfa Amierah, Subur Drajat

Abstract


Abstract. In the year 2017 tax payers in the city of bandung has reached 7,500 thousand people. But from the large number of people, only 3,600 thousand or around 60% of teh taxpayers are actually paid their tax, the data was based on Republika online media. The issue be allegedly happen because the society in Bandung City still hasn’t understand the benefit of tax payment yet. BBBPD Bandung City that job is to excute regional goverment affairs in Tax Field in 2017, BPPD has done a Public Relations activity. The aims of this research are to reaserching and analyzing : Factors, Process and result from regional tax socialization with theories in this research are include Public Relations Operational Process.  Method being used in this research is qualitative research method with case study technique executed through interview, observation, document and literature review technique which are relevant with this research. There are two key informan for this research. Result obtained from this research that are two factors supoorting internal factor and external factors. The processes are conducting research, planning, and execution stage which divided intow two methods, which are direct and indirect methods. The result are divided into two which area qualitatively and quantitavely resulted where are obtaied through evaluation by Sub Bidang Perencanaan & Penyuluhan.

Keywords :  Activity Public Relations, Socialization, Tax, BPPD Bandung City.

Abstrak. Pada tahun 2017 wajib pajak di kota Bandung mencapai 7500 ribu. Tetapi dari jumlah tersebut yang membayar pajak sementara berjumlah 3600 ribu atau sekitar 60 persen dari jumlah keseluruhan wajib pajak tersebut berdasarkan media cetak online Republika. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat kota Bandung masih belum paham mengenai keuntungan bila membayar pajak. BBPD kota Bandung bertanggung jawab dalam urusan pajak dan pada tahun 2017 melalukan kegiatan Public Relations yaitu kegiatan Sosialisasi.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis: Faktor, Proses dan Hasil dalam kegiatan sosialisasi tersebut dengan menggunakan teori pendukung proses operasional Public Relations. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara, observasi, dokumen dan studi pustaka yang relevan dengan penelitian. Subjek dalam penelitian ini untuk key informan berjumlah dua orang.Hasil dari penelitian ini faktor yang mendukung diadakannya kegiatan sosialisasi pajak daerah ini terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Proses yang dilakukan  pertama mengadakan riset, perencanaan dan tahap pelaksanaan yang terbagi kedalam dua metode yaitu metode langsung dan tidak langsung. Hasil yang didapatkan ini terbagi menjadi dua yaitu hasil bersifat kuantitatif dan kualitatif dimana hasil tersebut dilakukan penilaian melalui Evaluasi oleh Sub Bidang Perencanaan & Penyuluhan.

Kata kunci: Kegiatan Public Relations, Sosialisasi, Pajak, BPPD kota Bandung.


Keywords


Activity Public Relations, Socialization, Tax, BPPD Bandung City

Full Text:

PDF

References


Effendy,Onong Uchjana. 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung :Alumni.

Effendy,Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung : Mandar Maju.

Jefkins, Frank. 1992. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Rahmanto, Sadar. 2015. Manfaat Pajak Ditinjau Dari Teori Hukum Positive. Universitas Sebelas Maret.

Ruslan, Rosady.2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Setiade M. Elly & Usman Kolip. 1993. Pengantar sosiologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (LPPM UNISBA).

Rachmiatie, Atie, Asep & Farihat. 2007. Proses Sosialisasi Informasi Agama Islam Melalui Media Komunitas Sebagai Pembentuk Moralitas Remaja Muslim. Dalam Jurnal Unisba Vol 23, No 1, Tahun 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12745

Flag Counter   Â