Opini Mahasiswa tentang Berita Hoax (Studi Deskriptif mengenai Opini Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung tentang Berita Hoax di Instagram)

Rama Arif Zulyadaini, Neni Yulianita

Abstract


Abstract. Students use print, electronic, and online media to gain insight and knowledge. As part of the academics, students are required to understand the existence of hoax news, and participate in preventing its spread on social media. The purpose of this research was to find out and analyze the opinions of FIKOM UNISBA students about hoax news on Instagram. Descriptive research was used in this study by describing a number of opinion variables regarding the problem and the unit under study. Management and data analysis are applied using descriptive statistics with the type of quantitative research presented with numbers. This research approach is used to describe objectively a problem that occurs in the field related to student opinion about hoax news circulating on Instagram by using an analysis unit, namely FIKOM UNISBA students. The conclusion of this research is that: The understanding of students in FIKOM UNISBA about Hoax is in the high category (79%); The concern of students in FIKOM UNISBA about Hoax was in the high category (78.8%); The process of forming student opinions in FIKOM UNISBA about Hoax is in the high category (77%); The components of public opinion that are considered by students in FIKOM UNISBA about Hoax are in the high category (71.2%).

Keywords: Community Literacy, Hoax, Students, Opinion.

 

Abstrak. Mahasiswa menggunakan media cetak, media elektronik, maupun media online untuk menambah wawasan dan pengetahuannya. Sebagai bagian dari kalangan akademisi mahasiswa dituntut untuk mengerti dan mengetahui keberadaan berita hoax, dan ikut serta mencegah penyebarannya di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis opini mahasiswa FIKOM UNISBA tentang berita hoax di Instagram. Penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan sejumlah variabel opini berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Pengelolahan dan analisis data yang diterapkan menggunakan statistik yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif yang disajikan dengan angka-angka. Pendekatan penelitian ini digunakan untuk menggambarkan secara objektif suatu masalah yang terjadi di lapangan berkaitan dengan opini mahasiswa tentang berita hoax yang beredar di Instagram dengan menggunakan unit analisis yaitu mahasiswa FIKOM UNISBA. Kesimpulan penelitan ini ditemukan bahwa: Pemahaman mahasiswa di FIKOM UNISBA tentang Hoax termasuk kategori tinggi (79%); Kepedulian mahasiswa di FIKOM UNISBA tentang Hoax termasuk kategori tinggi (78,8%); Proses terbentuknya opini mahasiswa di FIKOM UNISBA tentang Hoax termasuk kategori tinggi (77%); Komponen-komponen opini publik yang menjadi pertimbangan mahasiswa di FIKOM UNISBA tentang Hoax termasuk kategori tinggi (71,2 %).

Kata Kunci : Literasi Masyarakat, Hoax, Mahasiswa, Opini.


Keywords


Literasi Masyarakat, Hoax, Mahasiswa, Opini

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta :Prenada Media Group

Boyatzis, McKee. 2005. Definisi kepedulian. Bandung: Lentera Cahaya

______________________ 1997. “Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktekâ€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djoenasih, Sunarjo. 1997. Opini Publik. Yogyakarta : Liberty Offset

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12.New Jersey: PT Indeks

Moore, H. Frazire. 2005. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.

Olii, Helena. 2007. Opini Publik. Jakarta: PT Index

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sarwono, Sarlito W., dan Meinarno,Eko A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Sastropoetro, Santoso. 1990. Pendapat Publik, Pendapat Umum, dan Pendapat Khalayak Dalam Komunikasi Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Cet. 5. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U)

Yulianita, Neni. 2016. Etika Bicara Baik di Media Sosial. Dalam Indonesia Bicara Baik; Bunga Rampai Komunikasi dan Humas. Bandung: Pelangi Mitra Sukses.

Yulianita, Neni. 2017. Pemahaman Dosen Universitas Islam Bandung Tentang Hoax di Media Sosial Whatsapp. Dalam Prosiding SNaPP. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U)

Internet

https://apjii.or.id/downfile/file/surveipenetrasiinternet2016.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12703

Flag Counter   Â