Citra Ridwan Kamil Dikalangan Wartawan (Studi Kasus Citra Ridwan Kamil di Media Sosial sebagai Walikota Bandung dikalangan Wartawan)

Dikdik Ramdhani, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Technological developments are increasing rapidly in line with the shifting of conventional media to virtual media. One of the virtual media that is increasingly used by the wider community is social media, Instagram. Reporting from katadata.co.id active use of Instagram in Indonesia is 53 million people. Currently public officials use social media as one of their personal branding efforts in the community. Ridwan Kamil is a public official who uses Instagram in an effort to strengthen his personal branding. This study uses a qualitative case study approach with a single case study design. The research objectives are: 1) Knowing the reporter's assessment of Ridwan Kamil as Mayor, 2) Knowing the Impressions of Journalists towards Ridwan Kamil in Social Media 3) Knowing the reasons Ridwan Kamil carried out Personal Branding on Social Media. The research subjects were three journalists from Bandung, and one follower of Ridwan Kamil. The theories used in this study include Citra (Roberts) theory, Self Presentation / Impression Management (Erving Goffman) and Personal Branding (Montoya & Vandehey). Based on the results of research conducted, it can be concluded that the image of Ridwan Kamil among journalists is different from that on social media that the Assessment, Impression and Personal Branding conducted by Ridwan Kamil is different. It turns out that the image generated by journalists is not good unlike in his personal social media.

Keywords: Image, Personal Branding, and Presentation Theory From.

                                               

Abstrak. Perkembangan teknologi semakin pesat sejalan dengan bergesernya media konvensioanl ke media virtual. Salah satu media virtual yang semakin banyak digunakan masyarakat luas adalah media sosial, Instagram. Dilansir dari katadata.co.id mengguna aktif instagram di indonesia adalah 53 juta jiwa. Saat ini pejabat publik menggunakan media sosial sebagai salah satu upaya personal branding pada masyarakat. Ridwan Kamil merupakan salah satu pejabat publik yang menggunakan Instagram dalam upaya memperkuat personal branding-nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif  dengan desain studi kasus tunggal. Tujuan penelitiannya, yaitu : 1) Mengetahui penilaian wartawan terhadap Ridwan Kamil sebagai Walikota, 2) Mengetahui Kesan Wartawan terhadap Ridwan Kamil di Media Sosial 3) Mengetahui alasan Ridwan Kamil melakukan Personal Branding di Media Sosial. Subjek penelitiannya adalah tiga wartawan kota Bandung, dan satu orang followers Ridwan Kamil. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori Citra (Roberts), Presentasi Diri/Impression Management (Erving Goffman) dan Personal Branding (Montoya & Vandehey). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa citra Ridwan Kamil dikalangan wartawan berbeda dengan di media sosial bahwa Penilaian, Kesan dan Personal Branding yang dilakukan Ridwan Kamil berbeda-beda. Ternyata Citra yang ditimbulkan dikalangan wartawan kurang baik tidak seperti di media sosial pribadinya.

Kata kunci : Citra, Personal Branding, dan Teori Presentasi Dari.


Keywords


Citra, Personal Branding, dan Teori Presentasi Dari

Full Text:

PDF

References


Adam J.Moleong, Steven. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitin Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Grup.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Human Relation & Public Relation. Bandung: CV. Mandar Maju.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilanbelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Goffman, Erving. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. New York City: Doubleday Anchor.

Hamdan, Mohammad Yusuf. 2009. TEORI KOMUNIKASI Edisi 9, Theories of Human Communication, 9th ed. Stephen W. Littlejohn, Karen A.Foss. Jakarta Selatan: Salemba

Humanika.

Kamil, Ridwan. 2014. #TETOT: Aku, Kamu, dan Media Sosial. Bandung: Sygma Creative Media .

Kriyanto, Ph.D., Rachmat. 2014. TEORI PUBLIC RELATIONS PERSFEKTIF BARAT & LOKAL:

APLIKASI PENELITIAN DAN PRAKTEK. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marwick, A.E., & Boyd, D. 2010. New Media & Society. SAGE Journals, 2-3.

McQuail, Dennis & Windahl, Sven. 1985. Model-Model Komunikasi. Jakarta: Uniprimas.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Montoya, P. and Vandehey,T (2009). The Personal Branding Phenomenon, Personal Branding

Press.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Papacharissi, Z. 2002. The Presentation of Self in Virtual Life: Characteristics of Personal Home Page. Journalism and Mass Communications Quarterly autumn, 643-660.

Rakhmat, Jalaludin. 1996. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Schlenker, B. 1980. Impression management: The Self-concept, Social Identity, and Interpersonal Relations. Montere, California: Brooks/Cole.

Sharon S. Brehm, Saul M. Kassin. Steven Fein. 2002. Social Psychology. Volume 1. Irlandia:

Houghton Mifflin.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wasena, Silih Agung. 2011. POLITICAL BRANDING & PUBLIC RELATIONS : Saatnya Kampanye Sehat, Hemat Bermartabat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Anggota

IKAPI.

Widjajanto, Kenmada. 2013. Perencanaan Komunikasi dan Aplikasi. Bandung: Ultimus.

Yin, Robert K. 2008. Studi Kasus Design & Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Unisba

Internet / Media sosial

https://id.wikipedia.org/wiki/Ridwan_Kamil

(diakses 26 Maret 2017, pukul 14.22)

https://www.instagram.com/p/BMSijzAAQbl/

(diakses 5 Maret 2017, pukul 07.12)

http://www.irmanfsp.com/2015/08/peren-dan-fungsi-public-relation.html?m=1

(diakses 21 April 2017, pukul 00.01)

http://kuliahpsikologi.dekrizky.com/cara-presentasi-diri

http://tesisterbaik.blogspot.com/2011/03/contoh-bab-3-tesis-strategi-presentasi.html

http://smartpsikologi.blogspot.com/2007/08/presentasi-diri.html

http://nadhirin.blogspot.com/2010/04/gaya-presentasi-diri-self-monitoring.html

(diakses 3 Januari 20178, pukul 16.06)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12621

Flag Counter   Â