Hubungan Kemampuan Komunikasi Karyawan dengan Citra Merek

Rianita Novitasari, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Abstract. In the case of buying and selling transactions that hold the key in the initial encounter with the customer is the sales department employee. Because the initial encounter with customers and consumers will certainly immediately give an impression in one's mind. U.D Shandy Surya Wijaya has a Shandy branded product. In promoting his product, U.D Shandy Surya Wijaya did personal selling played by sales staff, even without training. In 2016, there was a buildup of Shandy branded goods because the product did not meet market demands, so U.D Shandy Surya Wijaya had to reduce the market price. Sales employees strive to reverse the situation by aggressively offering the latest products, so that customers return. Based on these problems, the problems in this study are formulated as follows: (1) Is there a relationship between skills in employee communication skills and the Shandy brand image? (2) Is there a relationship between knowledge in employee communication skills with the Shandy brand image (3) Is there a relationship between motivation in employee communication skills with the Shandy brand image? Researchers use correlational analysis techniques using a quantitative approach. The population chosen in this study is the customer who has done miniman re-processing 2 times, which is 30. With the sampling technique, the sample is saturated, because the sample uses the population. Data collection techniques used in this study are questionnaires and literature studies. The data analysis technique used in this study is technical analysis with the Spearman Rank formula. The results of this study are: (1) There is a high / strong relationship between skills with the Shandy brand image (2) There is a high / strong relationship between knowledge with the Shandy brand image (3) There is a high / strong relationship between motivation with the Shandy brand image.

Keywords: Communication Ability, Employee, Brand Image.

Abstrak. Dalam hal transaksi jual-beli yang memegang kunci dalam perjumpaan awal dengan pelanggan adalah karyawan bagian sales. Karena perjumpaan awal dengan pelanggan maupun konsumen tentunya akan langsung memberikan kesan dalam benak seseorang. U.D Shandy Surya Wijaya memiliki produk bermerek Shandy. Dalam mempromosikan produknya, U.D Shandy Surya Wijaya melakukan personal selling yang diperankan oleh karyawan bagian sales, walaupun tanpa bekal training. Pada tahun 2016, terjadi penumpukan barang merek Shandy karena produk tidak memenuhi keinginan pasar, sehingga U.D Shandy Surya Wijaya harus menurunkan harga pasarannya. Karyawan sales berupaya untuk membalikkan keadaan tersebut dengan cara gencar melakukan penawaran produk-produk yang terbaru, agar pelanggan kembali. Berdasarkan masalah tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah terdapat hubungan antara keterampilan (skills) dalam kemampuan komunikasi karyawan dengan citra merek Shandy ? (2) Apakah terdapat hubungan antara pengetahuan (knowledge) dalam kemampuan komunikasi karyawan dengan citra merek Shandy (3) Apakah terdapat hubungan antara motivasi (motivation) dalam kemampuan komunikasi karyawan dengan citra merek Shandy?. Peneliti menggunakan metode teknik analisis korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah melakukan pemeblian ulang miniman 2 kali, yaitu berjumlah 30. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu Sampel Jenuh, karena sampel menggunakan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis dengan rumus Spearman Rank. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan tinggi/kuat antara skills (keterampilan) dengan citra merek Shandy (2) Terdapat hubungan tinggi/kuat antara knowledge  (pengetahuan) dengan citra merek Shandy (3) Terdapat hubungan tinggi/kuat antara motivation (motivasi) dengan citra merek Shandy

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Karyawan, Citra Merek.


Keywords


Kemampuan Komunikasi, Karyawan, Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Littlejohn, W.Stephen. 2009. â€Teori Komunikasi: Edisi 9 (Theories of Human Communication)â€. Jakarta : Salemba Humanika

Little,john., Foss, A.Karen., & Oetzel, John.G. 1978. â€Theories of Human Communication: Eleventh Editionâ€. dari Google Books. Tanggal akses 10 Mei 2018, pk. 19.00 WIB

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. “Metode Penelitian Komunikasiâ€. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Schiffman, L.G. dan L.L. Kanuk. 2005.â€Perilaku Konsumenâ€.Edisi ke 7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta : P.T Indeks

Setiadi, Nugroho. 2003. â€Perilaku Konsumenâ€. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12583

Flag Counter   Â