Peranan Ethos Komunikator dalam Mengenalkan Program Mobil “Kekasih Juara†(Sebuah Analisis Deskriptif Mengenai Peranan Ethos Komunikator Kredibilitas, Atraksi, dan Kekuasaan dalam Mengenalkan Program Mobil “Kekasih Juara†Pemerintah Kota Bandung kepada Masyarakat Kota Bandung)

Uly Wali Daturrahmah, Riza Hernawati

Abstract


Abstract. The importance of communication must be balanced by the ability of communication in order to produce healty comnunication that produce a new learning.The ability of communicator is needed in socialization "Mobil Kekasih Juara" program to Bandung Community.This formulation of this research is to know how the role of communicator ethos in introducing  "Mobil Kekasih Juara", the city government's program of bandung to the community. This research uses the Quantitative Descriptive Method. The purpose of this research is to know how the credibility, atrraction, and power of communicator in introduce "Mobil Kekasih Juara" program to Bandung community. Data research technique that uses on this research are interview, literature review, documentation, and questionnaire. The population of this research are 310 people that ever come to "Mobil Kekasih Juara". And the sample that become a respondent is 76 people. Theory that uses in this research is Dimensions Ethos Concept submitted by Hovland and Weiss, consisting of Credibility, Atrraction, and Power. The research result revealed that credibility, attraction, and power of communicator have a role in introduce"Mobil Kekasih Juara" program to Bandung Community.

Keywords : Ethous, Communicator, Mobil Kekasih Juara.

Abstrak. Latar belakang penelitian ini adalah Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain.Pentingnya komunikasi harus diimbangi dengan kemampuan individu dalam berkomunikasi agar komunikasi yang dihasilkan adalah komunikasi yang sehat yang menghasilkan sebuah pembelajaran baru. Kemampuan komunikator melakukan komunikasi dibutuhkan dalam kegiatan sosialisasi program Mobil Kekasih Juara dalam ajang mengenalkan program kepada masyarakat Kota Bandung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peranan Ethos Komunikator dalam Mengenalkan Program Mobil Kekasih Juara Pemerintah Kota Bandung kepada Masyarakat Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kredibilitas, atraksi, dan kekuasaan komunikator dalam mengenalkan Prorgam Mobil Kekasih Juara kepada masyarakat Kota Bandung.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dokumen, dan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat yang pernah datang ke Mobil Kekasih Juara sebanyak 310 orang yang kemudian didapatkan jumlah sampel yang dijadikan responden adalah sebanyak 76 responden. Teori yang digunakan adalah konsep Dimensi Ethos yag dikemukakan oleh Hovland and Weiss yang terdiri dari Kredibilitas, Atraksi, dan Kekuasaan. Peneliti mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner/angket kepada 76 responden. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa kredibilitas, atraksi, dan kekuasaan komunikator memiliki peranan dalam mengenalkan program Mobil Kekasih Juara kepada masyarakat Kota Bandung.

Kata Kunci: Ethos, Komunikator, Mobil Kekasih Juara.


Keywords


Ethos, Komunikator, Mobil Kekasih Juara

Full Text:

PDF

References


Rakhmat, Jalaludin. 2011. PSIKOLOGI KOMUNIKATOR. Bandung :PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung :

Alfabeta

Mulyana, Dedi. 2014. ILMU KOMUNIKASI: Suatu Pengantar. Bandung :PT

Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 1993. KAMUS KOMUNIKASI. Bandung : PT.

Mandar Maju.

https://portal.bandung.go.id/posts/2005/08/01/QRl7/visi-dan-misi

https://regional.kompas.com/diakses




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12557

Flag Counter   Â