Manajemen Konflik antara Taksi Konvensional dengan Taksi Online di Bandara Husein Sastranegara
Abstract
Abstract. Primkopau is a conventional taxi located at Husein Sastranegara Airport. Since 2012, there has been online-based transportation by technological developments in the field of transportation modes that have caused conflict. The purpose of this study is to find out the causes, know the stages of conflict and find out the resolution of conflict. The method used in this research is qualitative method with case study approach. The results of this study indicate that the causes of the conflicts that occur due to ineffective communication from both sides, the limited passengers at the airport, technological developments and regulations of government regulations on the policy of online taxi. Then the stages of the conflict that begins with the deterioration of communication, the sweeping and strike operations conducted by Primkopau taxi drivers and Primkopau negotiationns with parties from Grab Indonesia. Problem solving of this conflict can be resolved by the Thomas and Kilmann Conflict Management Theories of collaboration that result in renewal of the red zone rules, the Grab Indonesia service can be used at airports and Primkopau Taxis which become online. This conflict management produces a win-win solution.
Keywords: Primkopau Taxi, Online Taxi, Conflict Managment.
Abstrak. Taksi Primkopau merupakan taksi konvensional yang berada di Bandara Husein Sastranegara. Sejak tahun 2012, hadir transportasi berbasis online oleh perkembangan teknologi dalam bidang moda transportasi yang menimbulkan konflik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab, mengetahui tahapan konflik dan mengetahui penyelesaian konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab konflik yang terjadi diakibatkan karena komunikasi yang tidak efektif dari kedua belah pihak, terbatasnya penumpang di bandara, perkembangan teknologi dan regulasi aturan dari pemerintah terhadap kebijakan taksi online. Kemudian tahapan konflik yang terjadi diawali dengan memburuknya komunikasi, adanya aksi sweeping dan mogok operasi yang dilakukan oleh supir taksi Primkopau dan negosiasi pihak Primkopau dengan pihak dari Grab Indonesia. Penyelesaian masalah dari konflik ini dapat terselesaikan dengan dikaitkan Teori Manajemen Konflik dari Thomas dan Kilmann yaitu kolaborasi (collaborating) yang menghasilkan pembaharuan aturan zona merah, layanan Grab Indonesia dapat digunakan di bandara dan taksi Primkopau yang menjadi online. Manajemen konflik ini pada akhirnya menghasilkan win-win solution.
Kata Kunci : Taksi Primkopau, Taksi Online, Manajemen Konflik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fisher, Simon, dkk. 2001. Mengelola Konflik: Ketrampilan & Strategi Untuk
Bertindak. Jakarta: The British Council.
Liliweri, Alo. 2005. Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat
Multikultur, Yogyakarta: LKIS
Moleong, Lexy J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosadakarya.
Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyana, Deddy. 2013. MetodePenelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu
Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
Ruslan, Rosady.2007. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta:
PT. Raja Graï¬ndo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Wahyudi. 2011. Manajemen Konflik dalam Organisasi, Bandung: Alfabeta
Wirawan. 2017. Konflik dan Manajemen Konflik: Teori. Aplikasi, dan Penelitian.
Jakarta: Salemba Humanika.
Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus: Desain Dan Metode. Depok: Rajagrafindo Persada
Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Realations, Bandung: Pusat Penerbit
Universitas (P2U)
Sumber lain:
“Layanan Taksi Online Menuai Konflikâ€
http://prfmnews.com/berita.php?detail=layanan-taksi-online-menuai-konflik-di-bandara-husein-sastranegara diakes pada tanggal 1 April 2018 pukul 23.48 WIB
“Dadi Ahmadi, Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar,â€
https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1115/683 diakses pada tanggal 5 Agustus 2018 pukul 21.41 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12459
  Â