Hubungan Pesan Iklan Youtube Skippable Pre-Roll Video JD.Id Dengan Brand Awareness JD.Id

Antya Charissa, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Thousands of marketers have turned to the internet as media candidates to promote their brands and make sales transactions because it is considered more effective because the number of internet users in Indonesia keeps increasing. A form of business activity that is currently developing is an online business or e-commerce. Asosiasi Penguasaha Ritel Indonesia (APRINDO) predicts there will be more than 50 retail outlets will stop operating and try to change the format of their business to fit the needs of today's society. This change in shopping behavior patterns is also shown by increasing volume of e-commerce transactions. Advertising through the internet that is often done is through Youtube with pre-roll ads which is an ad that play before the video stream begins. An advertisement is said to be effective if the message is well received and can change the attitude of the audience like awareness which is in cognitive area. The purpose of this study is to find out the relationship between the advertising message content, message structure, message format, and message source JD.id "Awas Kena Tipu Popok Palsu" with brand awareness JD.id. The method used in this research is quantitative correlational which is intended to find the relationship. The theory used in this research is the theory of cognitive response from George E Belch and Michael A. The population in this research is Telkom University's communication science student class of 2015. The sample in this research are Telkom university communication science students of class of 2015 who have watched skippable pre-roll advertisement JD.id "Awas Kena Tipu Popok Palsu". The sample was counted by sampling method from unknown population according to Matchin and Campbell amounted to 75 people. The results showed that there is a quite meaningful relationship between advertisement message of JD.id id "Awas Kena Tipu Popok Palsu" Youtube skippable pre-roll video with brand awareness of JD.id around students of communication science in Telkom University class of 2015. there is a quite meaningful relationship between message content, message structure, message format of JD.id’s advertisement with brand awareness of JD.id. But the relationshup between message source in JD.id’s advertisement with brand awareness of JD.id is a low but definite relationship.

Keywords: Advertising Message, Skippable Pre-roll Video Ads, Brand Awareness.

 

Abstrak. Ribuan pemasar telah beralih ke internet sebagai calon media untuk mempromosikan merek mereka dan melakukan transaksi penjualan karena dianggap lebih efektif melihat jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat. Suatu bentuk kegiatan bisnis yang saat ini sedang berkembang adalah bisnis secara online atau e-commerce. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) memprediksi akan ada lebih dari 50 gerai ritel akan berhenti beroperasi dan mencoba mengubah format bisnis mereka agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Perubahan pola perilaku belanja ini juga ditunjukkan dengan volume transaksi e-commerce yang meningkat. Pemasangan iklan melalui internet yang sering dilakukan yaitu melalui Youtube dengan iklan pre-roll yaitu iklan yang diputar sebelum video streaming dimulai. Sebuah iklan dikatakan efektif apabila pesan dapat diterima dengan baik dan dapat merubah sikap audiens seperti kesadaran yang berada dalam ranah kognitif.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan iklan JD.id “Awas Kena Tipu Popok Palsu” dengan kesadaran merek JD.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional yang dimana ditujukan untuk mencari hubungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori respon kognitif yang dikemukakan oleh George E. Belch dan Michael A. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi Telkom University angkatan 2015. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi Telkom university angkatan 2015 yang pernah menonton iklan skippable pre-roll JD.id “Awas Kena Tipu Popok Palsu”. Sampel didapatkan melalui cara penarikan sampel dari populasi yang tidak diketahui menurut Matchin dan Campbell berjumlah 75 orang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara pesan iklan youtube skippable pre-roll video JD.id “Awas Kena Tipu Popok Palsu dengan brand awareness JD.id di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi Telkom University angkatan 2015. Terdapat hubungan yang cukup berarti antara isi pesan, struktur pesan, dan format pesan iklan JD.id dengan brand awareness JD.id. Namun hubungan antara sumber pesan iklan JD.id dengan brand awareness JD.id adalah hubungan yang rendah tapi pasti.

Kata kunci: Pesan Iklan, Skippable Pre-roll Video, Brand Awareness.


Keywords


Abstract. Thousands of marketers have turned to the internet as media candidates to promote their brands and make sales transactions because it is considered more effective because the number of internet users in Indonesia keeps increasing. A form of busi

Full Text:

PDF

References


Buku:

Belch, George E. & Michael A. Belch. 2003. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perpective. New York: McGraw-Hill.

Durianto, Sugiarto dan Tony Sitinjak, 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui. Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Universitas Indonesia.

Machin, David dan Michael J. Campbell. 2009. Sample Size Tables for Clinical Studies. Oxford: Wiley Blackwell.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell dan William Wells. 2009. Advertising Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik (Cetakan Kelimabelas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Saladin, Djaslim. 2011. Manajemen Pemasaran: Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab. Bandung: Agung ilmu.

Sumber Online:

“Lima Prediksi Tren E-Commerce di Indonesia pada 2018”, http://www.tribunnews.com/techno/2018/01/19/lima-prediksi-tren-e-commerce-di-indonesia-pada-2018. Diakses tanggal 23 Juli 2018, pukul 20.24.

“PR Online – Tugas dan Keterampilan Humas Era Internet” http://www.romelteamedia.com/2014/06/pr-online-tugas-humas-internet.html. Diakses tanggal 25 Juli 2018, pukul 00.36.

“Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2017”, https://apjii.or.id/survei2017. Diakses tanggal 8 Maret 2018, pukul 13.05.

Jurnal:

Sugiono, Arif, dan Prima Mulya Sari. 2004. “Analisis “Brand Equity” Siaran Berita Stasiun Televisi Swasta Indonesia”, dalam Mediator Jurnal Komunikasi Vol. 5 ,No. 2, Hal. 297-305.

Yuningsih, Ani. 2002. “Pemberdayaan Usaha Sektor Maritim (Pariwisata) melalui Humas Internasional dengan Pendekatan Marketing Public Relations”, dalam Mediator Jurnal Komunikasi Vol 3, No 1, Hal. 157-166.

Kurniadi, Oji. 2007. “Perempuan dalam Tayangan Iklan di Televisi”, dalam Mediator Jurnal Komunikasi Vol. 8, No. 1, Hal. 103-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12446

Flag Counter