Negosiasi KBRI Sofia dalam Upaya Meningkatkan Kerjasama Bilateral antara Indonesia dengan Bulgaria (Studi Kasus Mengenai Kerjasama Bilateral di Bidang Sosial Budaya oleh KBRI Sofia, Bulgaria)

Mahesa Abby, Neni Yulianita

Abstract


Abstract. After 2015 there was a significant decrease in the value of bilateral cooperation, Indonesia and Bulgaria decided to strengthen good relations between the two countries through their respective representatives. Through various meetings held by each representative, several collaborations were established in various fields between the two countries, especially in the socio-cultural field. The purpose of this study was to find an in-depth explanation of how the negotiations were carried out through various meetings between representatives of the Indonesian Embassy in Sofia and various stakeholders in Bulgaria in an effort to enhance bilateral cooperation between the two countries. This research was conducted using qualitative approach with single case study research method. Through this research it was found that: (1) Negotiations will be effective when the implementation is adjusted to the character of stakeholders; (2) The qualification highlighted is the ability and attitude of the individual in negotiating; (3) Differences in social and cultural values constitute the greatest obstacle to negotiations, and; (4) Negotiations have an important role in the achievement of institutions and the increase in the value of bilateral cooperation between the two countries.

Keywords: International Communication, International Relations, Negotiation, Embassy of Republic of Indonesia in Sofia, Bilateral Cooperation.

Abstrak. Setelah 2015 mengalami penurunan nilai kerjasama bilateral yang sangat signifikan, Indonesia dan Bulgaria memutuskan untuk memperkuat hubungan baik diantara kedua negara melalui masing-masing perwakilannya. Melalui berbagai pertemuan yang dilakukan oleh setiap perwakilan, telah berhasil dibentuk beberapa kerjasama dalam berbagai bidang diantara kedua negara, terutama dalam bidang sosial kebudayaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menemukan suatu penjelasan secara mendalam, mengenai bagaimana negosiasi yang dilakukan melalui berbagai pertemuan antara perwakilan KBRI Sofia dengan berbagai stakeholder di Bulgaria dalam upaya meningkatkan kerjasama bilateral diantara kedua negara. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus tunggal. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Negosiasi akan berjalan efektif pada saat pelaksanaannya disesuaikan dengan karakter stakeholder; (2) Kualifikasi yang ditonjolkan adalah kemampuan dan sikap individu dalam bernegosiasi; (3) Perbedaan nilai sosial dan kebudayaan menjadi hambatan terbesar dalam negosiasi, dan; (4) Negosiasi memiliki peranan penting pada capaian lembaga dan peningkatan nilai kerjasama bilateral kedua negara.

Kata Kunci: Komunikasi Internasional, Humas Internasional, Negosiasi, KBRI Sofia, Kerjasama Bilateral.


Keywords


Komunikasi Internasional, Humas Internasional, Negosiasi, KBRI Sofia, Kerjasama Bilateral

Full Text:

PDF

References


Dawson, Roger. 2010. Seni Negosiasi: Secrets of Power Negotiating. Jakarta: PT. Gramedia.

Lewicki. Roy J, Bruce Barry, David M. Saunders. 2012. Edisi 6 Buku 1 Negosiasi: Negotiation. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Lewicki. Roy J, Bruce Barry, David M. Saunders. 2013. Edisi 6 Buku 2 Negosiasi: Negotiation. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Heryanto. Gun Gun, Shulhan Rumaru. 2013. Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar. Bogor: Penerbit Ghala Indonesia.

Milles, Harry. 2005. The Street Smart Negotator: How to Outwit, Outmaneuver, and Outlast Your Opponents. United State of America: American Management Association.

Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Mengatasi Krisis Suatu Perusahaan. Jakarta: PT. Grasindo Publisher.

Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas dan Komunikasi, Konsepsi, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoelhi, Mohammad. 2015. Komunikasi Lintas Budaya dalam Dinamika Komunikasi Internasional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).

Yulianita, Neni. 2002. Pengaruh Kepemimpinan Manjer Public Relations terhadap Kualitas Manajemen Public Relations dan Korelasinya dengan Efektivitas Sistem Komunikasi Perusahaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12320

Flag Counter   Â