Impression Management MC Wedding di mc.bdg Bandung

Maretha Jodya Utami, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract. MC (Master of Ceremony) is the person who will lead an event regularly and neatly. MC who have a diverse image in the eyes of the people, as in the eyes of teenagers, housewives, workers, and traders. They will suppose that an MC is a cheerful, neat and relaxed person.The dramaturgy of life of MC has a purpose in research that is to know the front stage and backstage in the life of an MC. Research using qualitative research methodology with dramaturgy study approach, as for data collection technique that is interview, observation, documentation and literature study.Dramaturgy of an MC in facing their life which is divided into two sides, the front stage and backstage are different, where the front stage performs consisting of impression, facing the audience in an event, preparedness and appearance. The backstage that becomes real life is comprised of roles, the activities outside of working as an MC, side job and appearance.

Keywords: Dramaturgy, Social Interaction, Social Role, Front Stage, Backstage.

Abstrak. MC (master of ceremony) adalah seorang yang akan memimpin suatu acara secara teratur dan rapi. Seorang MC tentunya memiliki image yang beragam di mata masyarakat, seperti halnya di mata para remaja, ibu rumah tangga, pekerja, dan pedagang. Mereka akan beranggapan bahwa seorang MC adalah orang yang ceria, rapih dan santai. Dramaturgi kehidupan seorang MC (master of ceremony) memiliki tujuan dalam penelitian yaitu diantaranya untuk mengetahui panggung depan dan panggung belakang dalam kehidupan seorang MC. Penelitian yang menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi dramaturgi, adapun teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan.Dramaturgi seorang MC dalam menghadapi kehidupannya yang terbagi menjadi dua sisi yaitu panggung depan dan panggung belakang memang beda adanya, dimana panggung depan menampilkan performance yang terdiri dari kesan, tindakan dalam menghadapi tamu dalam sebuah acara, kesiapsiagaan dan penampilan. Adapun panggung belakang yang menjadi dikehidupan sebenarnya ialah terdiri dari peran, kegiatan di luar jam kerja sebagai seorang MC, pekerjaan sampingan dan penampilan.


Keywords


Dramaturgi, Interaksi Sosial, Peran Sosial, Panggung Depan, Panggung Belakang

Full Text:

PDF

References


Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-contoh Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuali dan Kuanti,Bandung: Simbosa Rekatama

https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1226/783




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11926

Flag Counter