Makna “Djarum Beasiswa Plus†Bagi Penerima Beasiswa Djarum

Fadzrin Widia Koswara, Mohamad Subur Drajat

Abstract


Abstract. PT Djarum provides scholarships and self-development training of students as a fostering relationships with educational institutions. On the other side PT Djarum is a cigarette producer while the recipients of scholarships are mostly non-smokers and have a negative perception of cigarettes. The method that used in this research is qualitative method with the approach of Alfred Schutz Phenomenology. Subjects in this research were the recipients of the Djarum Beasiswa Plus 2016/2017 who representing public and private universities in Bandung. This research focuses on the recipients of the Bandung Djarum scholarship who have a complete experience in the program. So the result of this research shows that there are motives (economy, attraction of message, prestige, and relations), experience (knowledge, interaction and relationship, entertainment), and meaning (corporate responsibility, prestige, self-development, and networking).

Keywords: Education Relationship, Meaning, Scholarship

Abstrak. PT Djarum memberikan beasiswa serta pelatihan pengembangan diri mahasiswa sebagai pembinaan hubungan dengan instansi dan lembaga pendidikan. Di sisi lain PT Djarum merupakan perusahaan penghasil rokok sedangkan para penerimanya merupakan mahasiswa yang sebagian besar adalah non-perokok dan memiliki persepsi negatif terhadap rokok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz. Subjek dalam penelitian ini adalah penerima beasiswa Djarum 2016/2017 regional Bandung yang mewakili perguruan tinggi negeri dan swasta di Bandung. Penelitian ini berfokus pada penerima beasiswa Djarum regional Bandung yang memiliki pengalaman utuh dalam program tersebut. Hasil dari penelitian didapatkan adanya motif (ekonomi; daya tarik pesan; prestise; dan relasi), pengalaman (ilmu; interaksi dan relasi; serta hiburan), makna (tanggungjawab perusahaan; prestise; pengembangan diri; dan networking).

Kata Kunci: Hubungan Pendidikan, Makna, Beasiswa


Keywords


Hubungan Pendidikan, Makna, Beasiswa

Full Text:

PDF

References


Anggoro, M. Linggar. 2008. Teori dan Profesi Kehumasan: Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta PT Bumi Aksara

Ardianto, Elvinaro. 2004. PUBLIC RELATIONS: Suatu Pendekatan Praktis. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Iriantara, Yosal. 2007. Community Relations: Konsep dan Aplikasinya, cetakan kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Dewey, John. 2002. Pengalaman dan Pendidikan. Yogyakarta: Kepel Press

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran

Koentjaraningrat. 1990. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Littlejohn, Stephen W. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. Los Angeles: SAGE Publication, Inc.

Moore, H. Frazier. 2000. Hubungan Masyarakat: Prinsip, Kasus, dan Masalah, cetakan kedua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy, J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajwali Pers

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soerjono, Soekanto. 2013. Sosiologi; suatu pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suparno, Ludwig. 2011. Aspek Ilmu Komunikasi dalam Marketing Public Relations. Jakarta : PT Indeks

Tangkilisan, Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: P2U – LPPM UNISBA

Hidayati, D. S. 2014. “Peningkatan Relasi Sosial melalui Social Skill Therapy pada Penderita Schizophrenia Katatonikâ€. Ada Pada Jurnal Online Psikologi. No. 02 Januari. Hlm. 17-28

Pramadani, Fariz. 2014. “Pengaruh Materialisme, Prestise, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Kafe Mewah di Kota Malangâ€. Malang: Universitas Brawijaya

Andrew HO. 2009. “Kekuatan Networkingâ€, https://www.pembelajar.com/kekuatan-networking. Tanggal akses 25 Juni 2018, pk.13.39 WIB.

“Djarum Foundationâ€, https://id.wikipedia.org/wiki/Djarum_Foundation

“Daftar Beasiswaâ€, https://sites.google.com/site/ramadanisite/daftar-yayasan-dan-lembaga-pemberi-beasiswa




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11881

Flag Counter   Â