Strategi Public Relations PT Telkom dalam Membangun Corporate Image Melalui Program “Al-Qur’an Digitalâ€

Tyas Murni Sundari, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Abstract. Technological development in digital era as now, digital company’s PT. Telkom try to make program to give positive benefits to community. Telkom will to make program to aim for build digital community. This program is “Al-Qur’an Digitalâ€. In implementation, certainly Public Relations strategic. This Research corresponding with Image Theory, with type Corporate Image. Corporate Image is image from organizatation on whole, and not product and services image. This research aims to discover and analyze: (1). strategic stages of public relations to build corporate image with al-qur’an digital program, (2). to know socialization type of Public Relations to build corporate image with al-qur’an digital program, (3). and to know reason PT Telkom implement al-qur’an digital program. The method which used in this research is qualitative method with case study approached through in-depth interview, observation, literature, and documents that relevant with this study. This research had been done to public relations practitioners Telkom Regional III. The subjects of study consist of seven informants, such as  key informants and informant supporters.  Based on the result of research showed the strategy of Public Relations in Al-Qur’an Digital Program is (1). publish al-qur’an digital program in form media, and online media, such as radio, paper, magazine (2). communication and socialization healthy internet to public in mosque area, (3). joint stakeholder relations with internal and eksternal stakeholder, (4). joint media relations to publish  al-qur’an digital program.

Keywords: Public Relations Strategic, Corporate Image, Strategic Stages, Type Socialization.

Abstrak. Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang, perusahaan BUMN yang berbasis digital yakni PT. Telkom mencoba untuk membuat program yang akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Telkom membuat program yang bertujuan untuk membangun masyarakat digital, program yang dilaksanakannya adalah program “Al-Qur’an Digitalâ€. Dalam terlaksananya program ini, terdapat strategi dari seorang praktisi Public Relations dalam membangun sebuah Corporate Image yang positif di mata publiknya. Penelitian ini sesuai dengan Image Theory, dengan jenis citra Corporate Image. Citra perusahaan adalah citra dari suatu organisasi secara keseluruhan, bukan sekedar citra atas produk atau pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis (1). tahapan strategi yang dilakukan oleh Public Relations PT. Telkom dalam membangun corporate image melalui program al-qur’an digital, (2). mengetahui bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh public relations PT. Telkom dalam membangun corporate image  melalui program al-qur’an digital, dan (3). mengetahui alasan PT. Telkom membuat program al-qur’an digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara terbuka dan mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan kepada praktisi Public Relations PT. Telkom Cabang Regional III. Subjek penelitian terdiri dari tujuh Informan, yang terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan strategi Public Relations dalam program al-qur’an digital, diantaranya: (1). mempublikasikan al-qur’an digital melalui seluruh media cetak, media online, seperti radio, koran, majalah (2). mengkomunikasikan dan mensosialisasikan internet sehat kepada masyarakat di lingkungan masjid, (3). menjalin hubungan dengan seluruh stakeholder internal dan eksternal, (4). menjalin media relations dalam publikasi program Al-Qur’an Digital.

Kata Kunci : Strategi Public Relations, Corporate Image, Tahapan Strategi, Bentuk Sosialisasi.


Keywords


Strategi Public Relations, Corporate Image, Tahapan Strategi, Bentuk Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations.

Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cutlip, Center, & Broom. 2000. Effective Public Relations. New Jersey: Prentice

Hall.

Jefkins, Frank, Daniel Yadin. 2003. “Public Relations, Edisi Kelimaâ€. Jakarta:

Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2013 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations & Media komunikasi :

Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.

Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus: Desain dan Metode. Cetakan Ke-14.

Penerjemah: M. Djauzi Mudzakir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar- Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit

Universitas (P2U).

Sumber Lainnya:

Prosiding Hubungan Masyarakat M.Qusyairi, Nurrahmawati Vol.2, no 2 (2016)

“Strategi Komunikasi Pertamina EP Dalam Pemberdayaan Masyarakatâ€

Diakses pada tanggal 26 Juli 2018, pada pukul 12.20 wib

Jurnal Komunikasi Tresna Wiwitan, Neni Yulianita Vol 10, no 1 (2017)

“Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEAâ€

Diakses pada tanggal 27 Juli 2018, pada pukul 18.30 wib

https://www.inilahkoran.com/?scrname=berita&category=bandungjuara&ID=70762&title=al-quran-digital-hadir-di-kota-bandung

Diakses pada tanggal 18 Februari 2018, pada pukul 12.56 wib

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3612995/napi-lapas-sukamiskin-kini-difasilitasi-alquran-digital

Diakses pada tanggal 18 Februari 2018, pada pukul 13.09 wib

tribunjabar.id dengan judul PT Telkom dan Tribun Jabar Bagi Alquran Digital di Kabupaten Bandung, Bantu Cetak Hafidz, http://jabar.tribunnews.com/2017/09/12/pt-telkom-dan-tribun-jabar-bagi-alquran-digital-di-kabupaten-bandung-bantu-cetak-hafidz.

Diakses pada tanggal 20 Februari 2018, pada pukul 13.14 wib

http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/07/20/kota-bandung-luncurkan-alquran-digital-ini-fiturnya-405582

Diakses pada tanggal 20 Februari 2018, pada pukul 13.17 wib

https://www.ucnews.id/news/Pemkab-Purwakarta-Luncurkan-Aplikasi-Alquran-Digital/3729528203070468.html

Diakses pada tanggal 20 Februari 2018, pada pukul 13.21 wib

http://telkompkbl.com/archives/2851

Diakses pada tanggal 21 Februari 2018, pada pukul 13.27 wib

https://sajajar.com/nasional/kang-dedi-resmikan-program-csr-telkom/

Diakses pada tanggal 21 Februari 2018, pada pukul 13.33 wib

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/08/24/ov6oic361-lapas-sukamiskin-kini-punya-alquran-digital

Diakses pada tanggal 21 Februari 2018, pada pukul 13.40 wib

https://bandung.merdeka.com/halo-bandung/alquran-digital-hadir-di-lapas-sukamiskin-bandung-170825h.html

Diakses pada tanggal 21 Februari 2018, pada pukul 13.47 wib




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11848

Flag Counter   Â