Peran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dalam Mempromosikan Objek Wisata Geopark Merangin Provinsi Jambi

Intan Purnama Sari, Husen Fahmi

Abstract


Abstract: The role of Tourism Youth and Sports department is needed, not only the tourism department but the Merangin regional community participate in the promotion, maintenance and management of Merangin Geopark. The increasing number of tourists visit Merangin Geopark is determined through the activities undertaken by the Department of Tourism Youth and Sports. Promotion as an attempt to enlarge the attraction of the tourist attraction and inform the existing tourist attraction. The purpose of this study wanted to know how the role of Department of Tourism Youth and Sports Merangin Jambi Province in promoting the Festival Geopark. This type of research uses a qualitative approach. Informant The principal researcher is Head of Marketing and supporting informant Section Head of Tourism Promotion and Technical Implementation Officer at Department of Tourism Youth and Sports. This research uses data collection technique by interview, observation, literature study, documentation. The results of this study indicate that the youth and sports tourism office is good enough to promote the Geopark festival by advertising, not only with newspapers or magazines, brochures, pamphlets, banners, leaflets and stickers but also with online and electronics media such as radio, television, and social media. Youth and sports tourism office establish cooperation and involve other parties in order to succeed the event.

Keywords: Promotion, Geopark, Tourism Office of Youth and Sports

Abstrak: Peran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga sangat di perlukan, tidak hanya Dinas Pariwisata saja tetapi masyarakat daerah Kabupaten Merangin ikut berperan penting dalam melakukan promosi, menjaga dan mengelola objek wisata Geopark Merangin. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan objek wisata Geopark Merangin ditentukan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Promosi dilakukan sebagai usaha untuk memperbesar daya tarik objek wisata serta menginformasikan atau memberitahukan objek-objek dan atraksi wisata yang ada. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin Provinsi Jambi dalam mempromosikan Festival Geopark. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informant Peneliti utama adalah Kepala Bidang Pemasaran dan Informant pendukung Kepala Seksi Promosi Pariwisata dan Pejabat Pelaksana Teknis di Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dinas pariwisata pemuda dan Olahraga masih kurang baik dalam mempromosikan festival Geopark dengan melalui periklanan, tidak hanya dengan media cetak koran atau majalah, brosur, pamphlet, banner, leaflet, dan stiker namun juga dengan media online dan elektronik seperti radio, televisi, dan media sosial. Dinas pariwisata pemuda dan olahraga membangun kerja sama dan melibatkan pihak lain dalam rangka menyukseskan acara yang diselenggarakan.

Kata kunci: Promosi, Geopark, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga


Keywords


Promosi, Geopark, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga

Full Text:

PDF

References


Buku

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Any, Noor. 2009. Management Event. Bandung: Alfabeta.

Best, John W. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan, Disunting oleh Sanaï¬ah. Faisal dan Mulyadi Gumul' Waseso, Surabaya. Usaha Nasional. Bina Kelola.

Basu Swastha& Irawan. 1983. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi dua Yogyakarta: Liberty.

Bambang Sunaryo. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media

Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln (eds.). 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris–Indonesia, Cet. XXI, (Jakarta : Gramedia, 1995)

Emzir.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data.jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Faisal, Sanafiah. (1999). Format-Format Penelitian Sosial. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta.

Gromang, Frans dan Oka Yoeti. 2003. Manajemen Kepariwisatan di Indonesia. Jakarta:Mitra Wacana Media

Indriyo Gitosudarmo, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE – Yogyakarta

Kumorotomo, Wahyudi dan Purwanto. 2005. Anggaran Berbasis Kinerja Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta: Magister Administrasi Publik UGM Press

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller . 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12.jilid 1, PT. Indeks, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary armstrong, 2009, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Miles, M.B. and Huberman, M.A. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.

Mudrajad Kuncoro. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah (Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang). Yogyakarta: Erlangga.

Muljadi A.J. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta : PT. RajaGrafindo.

Nazir, 1988, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Onong Uchjana Effendy. 1992. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pitana, I Gede & Putu G. Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suharyanto, Hadriyanus, 2005, Konsep Anggaran Kinerja dalam Anggaran Berbasis Kinerja: Konsep dan Aplikasinya, Kumorotomo, Wahyudi dan Purwanto, A. Erwan (Eds), Yogyakarta: Magister Administrasi Publik, UGM.

Soerjono Soekanto. 2009, Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru : Rajawali Pers.Jakarta

Yin, Robert K. 2011. Studi Kasus: Desain dan Metode. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Yoeti, Oka. 2005.Perencanaan Strategi Daerah Tujuan Wisata. Bandung: Angkasa .

Sumber Lain

Maman Chatmallah,2005. Strategi “Public Relations†dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations†di Provinsi Banten. Terakreditasi Dirjen Dikti SK No. 56/DIKTI/Kep/2005

https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/viewFile/1120/691. Tanggal akses 30 Juli 2018,pk 14.09 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11471

Flag Counter   Â