Hubungan antara Electronic Word of Mouth pada Website Femaledaily.com dengan Citra Merek Produk Kosmetik Wardah di Kalangan Mahasiswi

Fauzia Naufar Rahman, M E Fuady

Abstract


Abstract. Seeing the need for cosmetics use from year to year is increasing. Now the search for information about the review of a cosmetic product mostly done by women. The information that is usually obtained personally is now changing with the development of the internet so that its reach wider. Electronic word of mouth is an opinion about a product or company expressed in actual by consumers can be positive or negative reviews, so it can affect the prospective consumer's view of the brand image. This study aims to determine the relationship of electronic word of mouth to the brand image of Wardah cosmetics products that are reviewed in a woman-specific website that is femaledaily.com. The theory used in this research is the theory of information seeking. The method used in this research is correlation, that is method to research and find out the relationship between two variables (variable X and variable Y). The subject of this research is a female students of Public Relations year of 2015 at three Islamic University in Bandung City that are UNISBA, UIN and UNINUS. In this research using total sampling, respondents selected as many as 79 people. The results in this research showed that there is a relationship between electronic word of mouth  with brand image of Wardah cosmetic products among female students at three Islamic universities in Bandung.

Keywords: Electronic word of Mouth, Website, Brand Image, Cosmetics.

Abstrak. Melihat kebutuhan akan penggunaan kosmetik yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kini pencarian informasi mengenai ulasan suatu produk kosmetik banyak dilakukan oleh para perempuan. Informasi yang biasanya didapatkan secara personal kini berubah seiring perkembangan internet sehingga jangkauannya lebih luas. Electronic word of mouth merupakan opini mengenai suatu produk atau perusahaan yang diutarakan secara aktual oleh konsumen dapat berupa ulasan positif maupun negatif, sehingga dapat mempengaruhi pandangan calon konsumen terhadap citra merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan electronic word of mouth terhadap citra merek suatu produk kosmetik Wardah yang banyak diulas salah satunya dalam website khusus wanita yaitu femaledaily.com. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pencarian informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, yaitu metode untuk meneliti dan mengetahui hubungan di antara dua variabel (variabel X dan variabel Y). Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswi Public relations angkatan 2015 pada tiga Universitas Islam di Kota Bandung yaitu UNISBA, UIN dan UNINUS. Dalam penelitian ini menggunakan total sampling, responden yang dipilih sebanyak 79 orang. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara electronic word of mouth dengan citra merek produk kosmetik Wardah di kalangan mahasiswi pada tiga Univesitas Islam di Kota Bandung.

Kata Kunci: Electronic word of Mouth, Website, Citra Merek, Kosmetik.


Keywords


Electronic word of Mouth, Website, Citra Merek, Kosmetik

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Teori Komunikasi. Malang: Gunung Samudera.

Goyette, I., Ricard,L.,Bergeron,J., Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Wordof-Mouth Measurement Scale for e-Services Contex. Journal of Administrative Sciences,27(1),5-23.

Hennig-Thurau, T ., Gwinner, K.P., Walsh, G. & Gremler, D. D. (2004). Electronic Word-of-Mouth Via Customer-Opinion Platforms: What Motivates Consumer to Articulate Themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, 18(1), 39

Yulianita, Neni. (2001). Media Massa dan Gaya Hidup Wanita. Jurnal Sosial dan Pembangunan, 3(17), 301-327.

Rangkuti, Fredy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intregrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Romadhoni, Muhammad. 2015. “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike pada Mahasiswa FIK UNYâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11118

Flag Counter   Â