Strategi Marketing Public Relations Radio Ardan Dalam Menciptakan Branding Radio Anak Muda

DEBI RUBIANSYAH, Dadi Ahmadi

Abstract


Abstract. Ardan Radio is one of the biggest media in Bandung, with youngster as its main target listener. Ardan radio constantly innovates its programs to entertain the listeners. To achieve this goal Ardan Radio needs an appropriate strategy in which the role of management is crucial. Hence, the division of PR & Promotion of Ardan Radio becomes one of the most important aspects. Using an approach of Marketing Public Relations, Ardan radio expects to be the number one young listener radio station in Bandung. The research method used by the writer is descriptive using qualitative data. While the theory used in this research is the three ways strategy in marketing public relations consisting of pull strategy, push strategy, and pass strategy. PR & Promotion division of Ardan Radio makes a strategy based on listener segmentation and what listener wants and the result is that it has made a significant contribution in the process of branding. The Pull strategy describes how Ardan Radio draws listeners' attention using a variety of programs and activities  that provide their interest. The Push strategy encourages Ardan Radio in holding an event or organizing an event in partnership with other parties and it is all for the benefit of its branding. Meanwhile, Pass strategy aims to create a positive opinion from the listeners and clients, by conducting various programs which creates a strong image of a youngster radio station.

Abstrak. Radio Ardan adalah salah satu media terbesar di bandung, dengan segmen utama pendengar anak muda. Radio Ardan senantiasa terus berinovasi untuk menghadirkan program acara yang menghibur bagi pendengarnya, ketika mendengarkan radio Ardan. Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan suatu strategi yang tepat dengan program-program sesuai target pendengar. Maka Peran manajemen sangat penting untuk mencapai tujuan itu. Oleh karena itu divisi PR & Promotion Radio Ardan menjadi salah satu aspek terpenting. Dengan pendekatan konsep Marketing Public Relations, diharapkan dapat mewudujkan radio Ardan sebagai radio anak muda nomor satu di Bandung. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dengan data kualitatif. Sedangkan teori yang digunakan untuk mendasari penelitian ini adalah konsep marketing public relations, yaitu “three ways strategiâ€. Terdiri dari pull strategy, push strategy, dan pass strategy. Sejauh ini konsep three ways strategy, yang dilakukan oleh divisi PR & Promotion, dapat memeberikan kontribusi signifikan dalam proses branding radio Ardan, dengan melakukan berbagai macam strategi dan program bedasarkan segmentasi dan keinginan pendengar. Pull strategy menjelaskan bagaimana radio ardan dapat menarik pendengar dengan berbagai program dan kegiatan branding dalam rangka menciptakan radio anak muda. Push strategy merupakan strategi untuk mendorong Ardan dalam melakukan kegiatan event atau kerjasama event dengan pihak lain, untuk kepentingan branding radio Ardan. Sedangkan Pass strategy bertujuan untuk menciptakan opini positif terhadap pendengar dan klien, dengan melakukan berbagai macam program dalam menciptakan branding radio anak muda.


References


Ardianto, elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Communications Orchestra.Bandung: Examedia

Kasali, Renald. 2008. Manajemen Public Relations:Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia-cetakan VII. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi-Cetakan XII.jakarta : Rajawali Pers.

Rex, Danis dkk. 2011. Menciptakan Penjulan Melalui Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Susanto, A.B. & Wijanarko, Himawan. 2004. Power Branding. Bandung : Mizan

Trisnanto, Adhy. 2013. Ngobrol Santai Soal MarComm. Jogja: Jogja Bangkit Publiser




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.111

Flag Counter   Â