Personal Branding Pengusaha Alzin

Rijal Zul Hakim

Abstract


Abstract. Everyone has their own personal branding. Management of personal branding that provides various benefits that we will get later. Like Alzin entrepreneurs who build personal branding through the various attitudes that he applied and various strategies in running it. This study was conducted to find out how Alzin entrepreneurs attitude in building personal branding.With the personal branding that Alzin builds for a long time, will form an image where the influence is very impact on the smoothness of Alzin in business. Because this image will create a bond of trust between another person and an entrepreneur, although previously they have never met face to face. How attitudes, motives and meaning of Alzin entrepreneurs in building personal branding can influence, investor confidence and stakeholder company can also be further enhanced with good personal branding.This research uses qualitative method with approach of phenomenology study, and data collection technique in this research by: Interview source, Observation, and Library Studies.The result of this research with the attitude of Alzin entrepreneur good, friendly, friendly, and authoritative, is the success factor he built personal brandingnya among junior and senior businessmen. He built personal branding in several ways, from business seminars he created, the YEF community, and he composed a book containing his experiences in creating a business empire. With personal branding can give more trust to investors and stakeholders who together with him.

Keywords: Attitude, Personal Branding, Alzin Entrepreneur

Abstrak. Setiap orang memiliki personal branding masing-masing. Pengelolaan personal branding yang memberikan berbagai keuntungan yang akan kita dapatkan nantinya. Seperti pengusaha Alzin yang membangun personal branding melalui berbagai sikap yang ia terapkan serta berbagai strategi dalam menjalankannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sikap pengusaha Alzin dalam membangun personal branding.Dengan adanya personal branding yang Alzin bangun sejak lama, akan membentuk sebuah citra dimana pengaruhnya sangat berdampak bagi kelancaran Alzin dalam berbisnis. Karena citra ini yang akan membuat sebuah ikatan kepercayaan antara orang lain dengan seorang pengusaha, walaupun sebelumnya mereka belum pernah bertemu langsung. Bagaimana sikap, motif dan makna pengusaha Alzin dalam membangun personal branding dapat mempengaruhi, Kepercayaan investor serta stakeholder perusahaan juga bisa lebih ditingkatkan lagi dengan adanya personal branding yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi, dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara: Wawancara Narasumber, Observasi, dan Studi Kepustakaan.Hasil penelitian ini dengan adanya sikap pengusaha Alzin yang baik, ramah, friendly, dan berwibawa, adalah faktor suksesnya ia membangun personal brandingdirinya dikalangan pebisnis junior dan senior. Ia membangun personal branding melalui beberapa cara, dari seminar bisnis yang ia buat, komunitas YEF, serta ia mengarang buku yang berisi hasil pengalaman dia dalam membuat sebuah kerajaan bisnisnya. Dengan adanya personal branding bisa memberikan kepercayan lebih kepada investor dan stakeholder yang bersama dengannya.

Kata Kunci: Sikap, Personal Branding, Pengusaha Alzin


Keywords


Sikap, Personal Branding, Pengusaha Alzin

Full Text:

PDF

References


Abdul, Alzindani. 2016. The Conglomerate Mindset. Bandung: Alzin Organizer.

Ananto, Elizabeth Gunawan. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations (Kuantitatif dan Kualitaatif). Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Azwar, S. 2003. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan Ke-23. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmannusia. Edisi Kelima. Jakarta: Karisma Publishing Group

Gerungan. W. A. 2000. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Haroen, Dewi. 2014. Personal branding (Kunci Kesuksesan Berpikir di Dunia Politik). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi; Fenomena Pengemis Kota Bandung. Bandung: Widya Padjadjaran.

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi. Malang: Intrans Publising

Rampersad, Hubert. 2008. Sukses Membangun Authentic Personal branding. Jakarta: PPM.

Suyanto, Bagong & Sutinah (ed).2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya

Wahyudi, Sandy. 2012. Entrepreneurial Branding and Selling. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10254

Flag Counter   Â