Pembentukan Personal Branding Mojang Jajaka Lewat Implementasi Grooming

Juliani Juliani

Abstract


Abstract.Mojang Jajaka Bandung City is a competition held by Bandung City Local Government to prepare young generation of West Java to portray themselves as a torch, within the culture and tourism sector. In promoting the value of arts, culture and tourism, Mojang Jajaka must be able increase the sale value of the individual. In order to compete with other individuals, in the world of professions in the struggle. One way to increase the selling value, is to form a Personal Branding, which is, the process of bringing the skill, personality, characteristics, and uniqueness of a person, which will be displayed as a characteristic. and, one way that is considered telling, done Finalists Mojang Jajaka.Dengan choose to form Personal Brandingnya through Grooming Implementation Process. This research aims to find out how the Personal Branding process is done by the Jajaka Mojang Bandung, using the application Grooming. The theory used is the theory of symbolic Interactionism George Herbert Mead, Johasson Impression Management Theory, and Self-Concept Theory of Wast and Turner. This research uses a type of qualitative research, because in this study researchers did not attempt to manipulate research settings. with case-based method of case study as a reference when researchers will explore something related to the subject. The reason to do case study with this research because the way of forming Personal Branding through the implementation of Grooming Mojang and Jajaka Bandung interesting to study more deeply. Data collection techniques used include observation, in-depth interviews, and documentation. While the data analysis techniques use four stages. That is data collection, data reduction, data presentation, and conclusion.Teknik test data validity using triangulation of data sources. Hopefully later this research can provide benefits for researchers and subjects under study. So as to make Mojang and Jajaka Bandung City can form Personal Branding in accordance with the standards and can improve the quality of self, specially in the community, in promoting tourism Bandung, by way of Grooming implementation.

Keywords: Mojang Jajaka, City of Bandung, Personal Branding, Grooming

Abstrak. Mojang Jajaka Kota Bandung adalah ajang kompetisi yang di adakan oleh Pemerintah Daerah Kota Bandung,untuk mempersiapkan generasi muda unggulan Jawa Barat untuk memerankan dirinya sebagai sebuah obor, didalam  sektor kebudayaan dan pariwisata.Dalam mempromosikan nilai kesenian, kebudayaan, dan pariwisata, Mojang Jajaka harus mampu meningkatkan nilai jual individu.Agar dapat bersaing dengan individu lain,dalam dunia profesi yang di geluti. Salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual tersebut,adalah dengan membentuk suatu Personal Branding, yang merupakan, proses membawa skill, kepribadian, karakteristik, serta keunikan seseorang, yang akan di tampilkan sebagai sebuah ciri khas. dan,salah satu cara yang di anggap jitu, dilakukan Para Finalis Mojang Jajaka.Dengan memilih membentuk Personal Brandingnya melalui Proses Implementasi Grooming.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Proses Personal Branding yang di lakukan oleh Para Mojang Jajaka Kota Bandung,dengan menggunakan penerapan Grooming.Teori yang di gunakan adalah teori Interaksionisme simbolik George Herbert Mead, Teori Impression Management Johasson, dan Teori Konsep diri Wast dan Turner.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena dalam penelitian ini peneliti tidak berusaha untuk memanipulasi setting penelitian. dengan metode studi kasus yang berlandaskan teori sebagai acuan ketika peneliti akan menggali suatu hal yang berkaitan dengan subjek.Alasan melakukan studi kasus dengan Penelitian ini karena cara pembentukan Personal Branding lewat implementasi Grooming Mojang dan Jajaka Kota Bandung menarik untuk dikaji lebih dalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan empat tahap.Yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data.Diharapkan nantinya penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi peneliti dan subjek yang diteliti. Sehingga menjadikan Mojang dan Jajaka Kota Bandung dapat membentuk Personal Branding yang sesuai dengan standar dan dapat meningkatkan kualitas diri, hususnya di kalangan masyarakat,dalam mempromosikan pariwisata Kota Bandung, dengan cara implementasi Grooming.

Kata Kunci: Mojang Jajaka, Kota Bandung, Personal Branding, Grooming


Keywords


Mojang Jajaka, Kota Bandung, Personal Branding, Grooming

Full Text:

PDF

References


Darsono, Agustinus.2011.Front Office Hotel.(Jakarta : PT.Grasindo)

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi.( Bandung : PT. Citra Aditya Bakti)

Haroen, Dewi.2014.Personal Branding. Kunci kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.(Jakarta : Gramedia)

Kasali, R. 2013. Camera Branding-Cameragenic vs Auragenic. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009.Manajemen Pemasaran, Edisi Tigabelas Jilid Satu. (Jakarta : Erlangga)

Kotler, Philip dan Waldemar Pfoertsch, 2006. B2B Brand Management. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Prespektif Barat & Lokal Aplikasi Penelitian dan Praktik(.Jakarta : PT. Kencana Prenadamedia Group)

Margono S.Drs. 2007. Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK.( Jakarta : PT. Rineka Cipta)

McNally, D., & Speak, K. D. 2009. Be Your Own Brand , a Breakthrough Formula for Standing Out from the Crowd. Berret-Koehlr Publishers

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung : PT.Remaja Rosdakarya)

Parengkuan, E., & Tumewu,B.2014.Personal Brand-Inc, Rahasia Untuk Sukses dan Bertahan di Karier.(Jakarta : Gramedia)

Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi. (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya)

Riduwan. 2004. Metode Riset. (Jakarta : PT.Rineka Cipta)

Romli, Khomsahrial.2014. Komunikasi Organisasi Lengkap Edisi Revisi. (Jakarta : PT. Grasindo)

Sugiyono Prof. Dr., 2010. metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, (Bandung : cv. Alfa Beta)

Sutopo, Ariesto Hadi, Adrianus Arief. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. (Jakarta : PT.Prenada Media Group)

Suyatna.2005.Deskriptif Kualitatif.Bandung : CV Pustaka Pelajar

Yunitasari, C., & Japarianto, E.2013.Analisa faktor-faktor pembentuk personal branding dari C.Y.N Jurnal Manajemen Pemasaran Petra,I (1), 1-8

Triani.Fika Kartika.2015.Grooming Protokoler dalam Pencitraan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat : Studi Fenomenologi Pemaknaan Groom ing pada Pegawai Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Diakses pada 11 Desember , pukul 15.51.wib

Yunia Wardi.2014.â€Membangun Personal Branding melalui Iklan†: Jurnal Dinamika Manajemen. https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/jdm/3654 . Diakses tanggal 19 Desember, pukul 17.12.wib




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10233

Flag Counter   Â