Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat untuk Menggunakan Tabungan Qurban di BPRS Baiturridha Pusaka Bandung

Della Amnestya Yasa, Neneng Nurhasanah, Ifa Hanifa Senjiati

Abstract


Abstract. Savings Qurban is one of the products services which by the BPRS Baiturridha Pusaka Bandung but the interest from customers to use it still belong to low. This can be proven with the amount of customers using the product Saving Qurban. If compared with savings wadiah which them linked per November of 6.673 customers compared to the reverse with savings qurban which is only 25 customers. Based on the background of the problem then the problem formulation is as follows : First, How the factors that affect the public interest in saving in the bank syariah. Second, What factors influence the interest of customers BPRS Baiturridha Pusaka Bandung against the savings qurban. Third, What factors that cause low interest of the customers BPRS Baiturridha Pusaka Bandung in saving in saving qurban.
The population of this research is 8.251 customers who are saving in the BPRS Baiturridha Pusaka Bandung. Based on the formula Slovin recovered Sample from this research is 100 respondents which are considered already represents a customer saving on the BPRS Baiturridha Pusaka Bandung. The method of research used is quantitative approach. Source of data used primary data which is data derived from the interviews and questionnaire. The process of analysis stratistik using the software SPSS 24.0 for Windows.
The results of this research indicate that, Factors that affect the public interest in saving in the bank syariah from the condition of the bank includes aksesbilitas, openness, product, promotion, location, service, credibility, facilities adequate, the status of the bank and for the bank and for the result. Second, seen from the condition the customer cover employment, production and religiusitas. From the factors that is scrutinized is the promotion, location, service and religiusitas, the factors that influence the interest of customers BPRS Baiturridha Pusaka Bandung against the savings qurban is a factor of location and service. Whereas the factor of promotion and religiusitas not influential against the interest of the customers in savings qurban BPRS Baiturridha Pusaka Bandung. The factors that cause low interest of the customers BPRS Baiturridha Pusaka Bandung in saving in saving qurban is a factor of location and service.
Keywords: Factors of interest, Savings Qurban, BPRS Baiturridha Pusaka.

Abstrak. Tabungan Qurban adalah salah satu produk jasa yang di tawarkan oleh BPRS Baiturridha Pusaka Bandung akan tetapi minat dari nasabah untuk menggunakan jasa tersebut masih tergolong rendah. Hal ini dapat di buktikan dengan jumlah nasabah yang menggunakan produk Tabungan Qurban. Jika dibandingkan dengan tabungan wadiah yang terdata per November sebanyak 6.673 nasabah yang berbanding terbalik dengan tabungan qurban yang hanya 25 nasabah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah adalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menabung di bank syariah. Kedua, Apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah BPRS Baiturridha Pusaka Bandung terhadap tabungan qurban. Ketiga, Apa faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat nasabah BPRS Baiturridha Pusaka Bandung dalam menabung di tabungan qurban.
Populasi penelitian ini adalah 8.251 nasabah yang menabung di BPRS Baiturridha Pusaka Bandung. Berdasarkan rumus Slovin didapatkan Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang dianggap sudah mewakili nasabah yang menabung pada BPRS Baiturridha Pusaka Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer yaitu data yang bersumber dari wawancara dan kuesioner. Proses analisis stratistik menggunakan software SPSS 24.0 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menabung di bank syariah dari kondisi bank meliputi aksesbilitas, keterbukaan, produk, promosi, lokasi, pelayanan, kredibilitas, fasilitas memadai, status bank dan bagi hasil. Kedua, dilihat dari kondisi nasabah meliputi pekerjaan, penghasilan, dan religiusitas. Dari empat faktor yang diteliti yaitu promosi, lokasi, pelayanan dan religiusitas, faktor- faktor yang mempengaruhi minat nasabah BPRS Baiturridha Pusaka Bandung terhadap tabungan qurban adalah faktor lokasi dan pelayanan. Sedangkan faktor promosi dan religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat nasabah dalam tabungan qurban di BPRS Baiturridha Pusaka Bandung. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat nasabah BPRS Baiturridha Pusaka Bandung dalam menabung di tabungan qurban adalah faktor lokasi dan pelayanan.
Kata kunci: Faktor-faktor minat, Tabungan Qurban, BPRS Baiturridha Pusaka.


Keywords


Faktor-faktor minat, Tabungan Qurban, BPRS Baiturridha Pusaka.

Full Text:

PDF

References


Drs. Jalaludin Rakhmat, M.Sc. Psikologi Agama Sebuah Pengantar

Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Kasmir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada. 2008.

Kotler, Philip, Amstrong, Garry. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. 2008.

Kotler, Philip. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Dialih Bahasakan oleh Alexander Sindoro. Jakarta: Erlangga. 2004.

Okti Listiani, Neneng Nurhasanah, Ratih Tresnati. Pengaruh Bauran Promosi terhadap Peningkatan Jumlah Minat Calon Jamaah Umrah di PT Dewangga Tour and Travel Cabang Kabupaten Cilacap. 2016.

Schiffman dan Kanuk. Perilaku Konsumen edisi 7. Jakarta: Indeks. 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v4i1.8780

Flag Counter   Â