Tinjauan Prinsip-Prinsip Fikih Muamalah Terhadap Penerapan Budaya Kerja di BPRS HIK Parahyangan Cabang Kota Bandung

Rizal Hamdan, Zaini Abdul Malik, Eva Misfah Bayuni

Abstract


PT. BPRS Harta Insan Karimah (HIK) Parahyangan Cabang Kota Bandung merupakan salah satu BPRS yang berupaya menerapkan budaya kerja bagi para karyawannya. Tujuan manajemen BPRS HIK Parahyangan menerapkan suatu pola budaya kerja yang disandarkan pada nilai-nilai ajaran Islam kepada para karyawan salah satu bentuk tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja para karyawan. Karena pada saat ini, peningkatan jumlah nasabah dan produk pembiayaan yang terjadi di BPRS HIK Parahyangan khsusunya di Cabang Kota Bandung tentu harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan yang baik dari para karyawannya. Akan tetapi kinerja para karyawan khususnya pada bidang operasional yang meliputi Front Officer, Back Officer dan Admin/Legal bekum menujukkan kinerja yang memuaskan bagi manajeman. Hal ini terlihat dari pengukuran indeks kinerja karyawan yang masih di bawah nilai 3.00 sebagaimana standarisasi yang dicanangkan manajemen. Berdasarkan uraian latar belakang masalah sebagai mana yang telah uraian di atas maka dibuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana prinsip-prinsip fikih muamalah dalam penerapan budaya kerja Islami di bank syariah ? Bagaimana pelaksanaan penerapan budaya kerja yang Islami di BPRS HIK Parahyangan Cabang Kota Bandung ? Bagaimana tinjauan prinsip-prinsip fiqih muamalah terhadap penerapan budaya kerja di BPRS HIK Parahyangan Cabang Kota Bandung ?Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu meneliti pelaksanaan proses analisa pelaksanaan penerapan budaya kerja di BPRS HIK Parahyangan Cabang Bandung ditinjau dari perspektif prinsip-prinsip fikih muamalah.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Prinsip Fikih Muamalah Dalam Penerapan Budaya Kerja Islami meliputi prinsip saling ridho dan berkeadilan, menghindari kemudharatan dan meraih kemasalahatan, serta menghindari perbuatan dzalim atau aniaya antara pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan. Penerapan budaya kerja di BPRS HIK Parahyangan Kantor Cabang Astana Anyar kota Bandung dilakukan melalui program Penerapan 7 Budaya Kerja Islami. Hal ini meliputi Tawakal, Integritas, Antusias, Profesional, Kepuasan Pelanggan, Berorientasi Bisnis dan Penghargaan Terhadap SDM dan penerapan budaya kerja di BPRS HIK Parahyangan Cabang Astana Anyar Kota Bandung secara umum hal ini telah sejalan dengan prinsip-prinsip fikih muamalah.


Keywords


Budaya, Kerja, Fikih Muamalah dan Bank Syariah

References


Ahmad Ibrahim, Manajemen Syari’ah, Jakarta : Rajawali Press, 2012.

Anwar Prabu Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.

C.A. Achir Yamil, Pengembangan Budaya Kerja dalam Perspektif Islam, UII-Press, Yogyakarta, 2006.

Cokro Aminoto, Langkah Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Colaizzi diambil dari sumber : http://www.menulisproposalpenelitian.com/ diakses tanggal 18 Februari 2017 pukul 23.00.

Depag RI, Al Quran dan Terjemahan, Pustaka Al Kautsar, Jakarta, 2010.

Djoko Widagdho, Ilmu Budaya Dasar, Cetakan Kesembilan, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2004.

Handari Nawawi, Manajemen Sumberdaya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 1998.

Hasbi Ash-Shiddiqie, , PengantarFikihMuamalah, Bulan Bintang. Jakarta. 1984.

Hendi Suhendi, FikihMuamalah, PT. Raya GrafindoPersada,Jakarta, 2004.

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan, Gramedia, Jakarta, 2004.

Malayu Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta, 2001.

Muhammad bin Yazid bin Majah Al Quzwaini, Sunan Ibnu Majah Jilid V Hadits Nomor 1909 (Terj. Ahmad Nasruddin), Pustaka Al Kautsar, Jakarta, 2009.

Muhammad Natsir, Metode Penelitian, CV Bumi Aksara, Jakarta, 2000

Muhammad Sauqi, hikmah danTafsir Al Quran, diposting pada tanggal 20 November 2011.http://arekkemalangan.blogspot.com/2014/01/tafsir-al-quran-surah-najm-ayat-21-40-02.html diakses pada tanggal 30 Januari 2017.

Susilo Martoyo, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPEF, 2000.

Toto Tasmara. Manajemen Sumber Daya Manusia, Raja Grafindo, Jakarta, 2009.




Flag Counter