Pengaruh Kapitalisasi Pasar terhadap Nilai Perusahaan dengan Menggunakan Metode Tobin’s Q

Devi Rusdiana, Azib Azib, Eva Misfah Bayuni

Abstract


Perusahaan sebagai salah satu unit usaha memiliki tujuan utama meningkatkan pertumbuhan dan keberhasilan perusahaannya. Salah satu ukuran yang dapat memperlihatkan keberhasilan suatu perusahaan adalah nilai perusahaan, nilai perusahaan dapat dihitung dengan menggunakan metode Tobin’s Q. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan salah satunya adalah kapitalisasi pasar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk: Pertama, mengetahui perkembangan kapitalisasi pasar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015. Kedua, mengetahui perkembangan nilai perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015 .Ketiga, mengetahui dan memahami pengaruh kapitalisasi pasar terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa analisis data panel dengan menggunakan Random Effect Model . Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 20 perusahaan yang tercatat di JII dan memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan. Sumber data yang digunakan data sekunder yaitu data yang bersumber dari buku, jurnal, laporan tahunan, literatur, dokumen dan studi kepustakaan. Alat analisis data yang digunakan adalah software Eviews.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perkembangan kapitalisasi pasar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015 terus mengalami kenaikan dan berada pada kelompok kapitalisasi besar karena nilainya lebih dari 5 trilyun rupiah. Kedua, perkembangan nilai perusahaan di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2012-2015 terus mengalami penurunan tetapi masih berada pada performa yang baik karena nilai perusahaanya lebih besar dari 1. Ketiga,  variabel X (Kapitalisasi Pasar) berpengaruh secara signifikan terhadap Y (Nilai Perusahaan). Dengan nilai statistik (t-hitung) sebesar 2.497209 > 1,665 (t-tabel)  dengan tingkat signifikasi (p-value) = 0.0146 <0,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (Kapitalisasi Pasar) berpengaruh terhadap Y (Nilai Perusahaan) dengan nilai  R Square adalah 0.073517 atau 7,35%. Menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Kapitalisasi Pasar terhadap Nilai perusahaan hanya sebesar 7,35%. Hal ini berarti meskipun signifikan pengaruh yang diberikan sangatlah lemah.


Keywords


Kapitalisasi Pasar, Nilai Perusahaan, Tobin's Q, JII

References


Adler Haymans, Strategi Memenangkan Transaksi Saham di Bursa, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.

Alfiansyah Darmawan, “ Pengaruh Harga Saham dan Jumlah Saham Pada Saat IPO terhadap Nilai Perusahaanâ€, Skripsi, Universitas Negri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2013.

Andriansyah, Basri Pohan dan Bayu Husodo, “Penyesuaian Atas Saham Yang Tersedia Di Pasarâ€, Kertas Diskusi Bagian Riset Ekonomi No. 1, SSRN Electronic Journal, Maret 2007.

Bringham dan Houston, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, alih bahasa Ali Akbar Yulianto, Buku satu, Edisi sepuluh, Salemba Empat, Jakarta, 2006.

Frederic S, Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan, Salemba Empat, Jakarta, 2008, hlm. 321.

Inggi, Siti dan Nila, “ Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaanâ€, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 17 No. 1, Universitas Brawijaya, Malang, 2014.

Pancawati Hardiningsih, “Determinan Nilai Perusahaanâ€, JAI Vol.5 No.2 , Universitas STIKUBANK, Semarang, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i2.7189

Flag Counter   Â