Pengaruh Label Halal pada Kosmetik Wardah terhadap Keputusan Pembelian

Novie Sopiah, Titin Suprihatin, Ifa Hanifa Senjati

Abstract


Abstract.There are many ways in an effort to product selection according to the requirement. One of them is to seek information contained on product attributes. Product attributes into the elements considered important by consumers and the basis in making a buying decision. Through product attributes that consumers can obtain answers to whether the products to be purchased are in accordance with the needs and desires so as to achieve satisfaction in physical and spiritual makeover. Attributes are intended to serve as a medium of information consumers to gain confidence in the product is a physically and mentally is a halal label. The object of the research is the Consumer Wardah among sharia student at the Islamic University of Bandung. This study uses a quantitative method because it aims to determine whether there is influence anatara halal labels on cosmetic products Wardah on purchasing decisions in the faculty of Sharia Islamic University of Bandung. Selection of respondents 80 people carried out by using accidental sampling. The data used in this research are primary data obtained through questionnaires, while secondary data obtained through library research. Methods of data analysis using simple regression data processing is done using Microsoft Excel and software SPSS22 2016. The results of this study show that student knowledge of the sharia faculty Bandung Islamic University on the halal label at the level agreed with a total score of 376 means that the halal label, that mahasisiwi Faculty of Sharia Islamic University of Bandung very knowing about the halal label on cosmetic products Wardah. Based on the coefficient of determination R² is known that the value of R Square of 0.415. This means that 41.5% of purchase decisions are made cosmetic products Wardah student of Faculty of Sharia, Islamic University of Bandung can be influenced by factors halal label. While the remaining 58.5% is influenced by other factors not included in this study, such as cultural, social, individual, and psychology (a record 58.5%, obtained from 100% -41.5%). Effect of halal label simultaneously affect 0,000. While the value of the t test, tcount the halal label variable is equal to 7442 with a significance level of 0.000. If thitung> t table then Ho is rejected and if thitung <t table then Ho is accepted. Because 7442> 1.990 and 0.000 <0.5, then Ho is rejected Ha accepted means more inclusion halal label on a product will

Abstrak.Banyak cara dilakukan dalam upaya pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya dengan mencari informasi yang terdapat atribut produk. Atribut produk menjadi unsur-unsur yang dipandang penting oleh konsumen dan dasar dalam pengambilan keputusan membeli. Melalui atribut produk konsumen dapat memperoleh jawaban apakah produk yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sehingga mencapai kepuasan secar lahir dan batin.  Atribut yang dimaksud sebagai media informasi konsumen untuk memperoleh kepercayaan terhadap produk secara lahir batin adalah label halal. Objek penelitian yang digunakan adalah Konsumen wardah di kalangan mahasiswi fakultas syariah Universitas Islam Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh anatara label halal pada produk kosmetik wardah terhadap keputusan pembelian di fakultas syariah Univesitas Islam Bandung. Pemilihan responden sebanyak 80 orang dilakukan dengan menggunakan accidental sampling. Data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan regresi sederhana pengolahan data dilakukan dengan menggunakan microsoft excel dan software SPSS22 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswi fakultas Syariah Universitas Islam Bandung tentang terhadap Label halal berada pada level sangat setuju dengan total score Label halal sebesar 376 Artinya, bahwa mahasisiwi Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung sangat mengetahui tentang label halal pada produk kosmetik Wardah. Berdasarkan hasil koefisien determinasi R² diketahui bahwa nilai R Square adalah sebesar 0,415. Hal ini berarti 41,5% keputusan pembelian produk kosmetik Wardah yang dilakukan mahasiswi Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung dapat dipengaruhi oleh faktor label halal. Sedangkan sisanya sebesar 58,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, misalnya seperti faktor budaya, sosial, individual, serta psikologi (catatan 58,5%, diperoleh dari 100%-41,5%). Pengaruh label halal berpengaruh secara simultan sebesar 0,000. Sedangkan nilai uji t, nilai thitung pada variabel label halal adalah sebesar 7.442 dengan tingkat signifikansi 0,000. Jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan jika thitung < ttabel maka Ho diterima. Karena 7.442 > 1,990 dan 0,000< 0,5 maka Ho ditolak Ha diterima artinya semakin banyak pencantuman label halal pada sebuah produk  akan akan semakin tinggi keputusan pembelian konsumen.


Keywords


Label halal, purchase decision

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2009. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.

Buku

Syawali, Husni dan Imaniyati, Neni Sri. 2000. Hukum Perlindungan Konsumen. Bandung: Mandar Maju.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

Swastha, Bashu, Ibnu Sukotjo. 2010. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Liberti.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing.

Artikel dan Jurnal ilmiah

Rangkuti, Ramadhan. 2010. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan (snack merek Chitato) Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i1.5381

Flag Counter   Â