IMPLEMENTASI UANG SEBAGAI FLOW CONCEPT DAN PUBLIC GOODS DALAM EKONOMI ISLAM DI INDONESIA (STUDI ATAS PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM ADIWARMAN A KARIM)

Mochamad Fadlyllah, Zaini Abdul Malik, N. Eva Fauziah

Abstract


ABSTRAK

 

IMPLEMENTASI UANG SEBAGAI FLOW CONCEPT DAN PUBLIC GOODS DALAM EKONOMI ISLAM DI INDONESIA (STUDI ATAS PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM ADIWARMAN A KARIM)

MOCHAMAD FADLYLLAH

Kata kunci : Konsep Uang, Perbankan, Adiwarman A Karim

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan fungsi uang yang tidak sesuai dengan teori Ekonomi Islam. Dalam Islam uang berfungsi sebagai media pertukaran dan uang sebagai standar ukuran harga atau unit hitungan. Fungsi uang sebagai media pertukaran dapat digunakan dan diterima sebagai alat pembayaran. Menurut Adiwarman A Karim fungsi uang dalam konsep Islam adalah memperlancar transaksi sector riil. Namun ada satu hal yang sangat berbeda dalam memandang uang antara sistem kapitalis dengan sistem Islam. Dalam sistem perekonomian kapitalis, uang tidak hanya sebagai alat tukar yang sah (legal tender) melainkan juga sebagai komoditas, uang dapat diperjualbelikan dengan kelebihan baik on the spot maupun secara tangguh.

Berdasarkan fenomena ini  maka masalah yang ingin diketahui adalah konsep uang dalam Islam, pemikiran Adiwarman A Karim tentang uang sebagai flow concept dan public goods dalam ekonomi Islam, implementasi uang sebagai flow concept dan public goods menurut Adiwarman A Karim di Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.  Penelitiannya hanya mengkaji pemikiran seorang tokoh dan implementasinya di Indonesia.

Konsep uang dalam Islam adalah suatu materi yang diterima oleh berbagai pihak dengan legalitas tradisi atau undang-undang yang dianut oleh masyarakat umum, digunakan sebagai standar ukuran nilai harga dalam melakukan transaksi pertukaran terhadap komoditi dan jasa. Adiwarman A Karim berpendapat konsep uang sebagai flow concept dan public goods dalam ekonomi Islam adalah sifat uang itu mengalir dan berputar dengan cepat tanpa ada hambatan. Sedangkan public goods merupakan uang yang dimanfaatkan oleh banyak masyarakat untuk investasi yang digunakan pada sektor riil. Implementasi konsep uang sebagai flow concept dan public goods di Indonesia menurut Adiwarma A Karimterdapat di Bank Indonesia sebagai Bank sentral negara. Meskipun dalam Pemikiran Adiwarman A Karim perbankan syariahlah, yang tepan untuk menjalankan uang sebagai flow concept dan public goods di Indonesia.

 




Flag Counter