Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Asuransi Syariah di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung

Nia Kania, N. Eva Fauziah, Sri Suwarsi

Abstract


Abstract.Insurance as one of the business priorities that have very high chances in Indonesia, but the mechanism of insurance claims are quite complicated so that the effect on public confidence for the use of insurance products. Therefore every insurance company should be able to improve service quality. PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung has earned awards for quality of service is good, but in running the business, PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung is inseparable from the problem of dissatisfaction quality of service perceived by the customer. Based on these descriptions, the problem points in this study is: How is the quality of service at PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung? What is the level of consumer knowledge in PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung? What level of customer's decision in choosing Takaful products in PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung? How to influence the level of service quality to the customer's decision in choosing Takaful products in PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung? How to influence consumer knowledge on the level of customer's decision in choosing Takaful products in PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung? How to influence service quality and consumer knowledge together on the level of customer's decision in choosing Takaful products in PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung? The research method used is quantitative approach with descriptive research regresional properties. Source data used are primary data source with data collection interviews and questionnaires. Data analysis tool used is multiple linear regression. The results showed that the implementation of service quality, customer knowledge and customer decision at PT. Prudential Life Assurance Branch Bandung has been rated as good, visible from each value of the cumulative score of 3893 or 75.8% (X1), of 2106, or 76.1% (X2), and 1890 or 79.7% (Y). There is a partial effect on quality of service to the level of purchasing decisions, and the level of consumer knowledge on purchasing decisions, as seen from the significant value of each msing of 0.000 <0.05, which means that the variables affecting Y X1 and X2 affect Y. influences of service quality and consumer knowledge together to purchasing decision can be seen from the value of F count> F table, which means that the variable X jointly affect Y, and reinforced by the significant value of 0.000 <0.05. This means that the variables X1 and X2 together significantly influence the variable Y.

Abstrak.Asuransi sebagai salah satu bisnis prioritas yang mempunyai peluang sangat tinggi di Indonesia, namun mekanisme klaim asuransi yang cukup rumit sehingga berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk asuransi. Oleh karena itu setiap perusahaan asuransi harus mampu meningkatkan kualitas pelayanannya. PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung telah mendapatkan penghargaan atas kualitas pelayanan yang baik, namun dalam menjalankan usahanya, PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung tidak terlepas dari masalah adanya ketidakpuasan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh nasabah. Berdasarkan uraian tersebut, poin masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kualitas pelayanan di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung? Bagaimana tingkat pengetahuan konsumen di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung? Bagaimana tingkat keputusan nasabah dalam memilih produk asuransi syariah di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung? Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat keputusan nasabah dalam memilih produk asuransi syariah di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung? Bagaimana pengaruh pengetahuan konsumen terhadap tingkat keputusan nasabah dalam memilih produk asuransi syariah di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung? Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan pengetahuan konsumen secara bersama-sama terhadap tingkat keputusan nasabah dalam memilih produk asuransi syariah di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung?Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian deskriptif regresional. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dengan teknik pengumpulan data wawancara dan kuisioner. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan, pengetahuan konsumen dan keputusan nasabah di PT. Prudential Life Assurance Cabang Bandung telah dinilai baik, terlihat dari masing-masing nilai skor kumulatif sebesar 3893 atau 75,8% (X1), sebesar 2106 atau 76,1%(X2), dan 1890 atau 79,7%(Y). Terdapat pengaruh secara parsial untuk kualitas pelayanan terhadap tingkat keputusan pembelian, dan tingkat pengetahuan konsumen terhadap keputusan pembelian, terlihat dari nilai signifikansi masing-msing sebesar 0,000<0,05,yang artinya variabel X1 mempengaruhi Y, dan X2 mempengaruhi Y. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan pengetahuan konsumen secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian terlihat dari nilai Fhitung>Ftabel, yakni variabel X secara bersama-sama mempengaruhi Y, dan diperkuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Artinya bahwa variabel X1 dan X2 secara bersama-sama mempengaruhi variabel Y secara signifikan.


Keywords


Service Quality, Consumers Knowledge, Buying Decision.

References


Ali Zainuddin, Hukum Asuransi Syariah, Sinar Grafika, Jakarta, 2008.

Eddy Setiadi dalam Half Day Seminar HUT ke-36 Media Asuransi bertajuk 'Peran Public Relations dalam Kesuksesan Bisnis Asuransi', Jakarta. http:// www.pikiran –rakyat.com/ekonomi/2016/03/18/Kepercayaan-terhadap-Asuransi-berkurang. diakses 18 Maret 2016 14:18

Muhammad Syakir Sula, Asuransi Syariah (Life and General),konsep dan Operasional, Gema Insani, Jakarta, 2004.

Philip Kotler, Manajemen di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian), terjemahan A.B Suasnto, Buku Satu, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Ujang, Sumarwan, Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Edisi kedua, Ghalia Indonesia, Bogor, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.3590

Flag Counter   Â