Pengaruh Produk Pembiayaan Musyarakah SME (Small Medium Enterprise) terhadap Tingkat Profitabilitas di Bank BRI Syariah pada Priode Tahun 2011-2015

Jenia Dwi Adani, Zaini Abdul Malik, Azib Azib

Abstract


Bank BRI Syariah telah menetapkan salah satu prioritas kerja utamanya adalah, mengembangkan pembiayaan dengan hati-hati yang fokus pada UMKM. Pilihan investasi jika dilihat dari sektor produktif adalah menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan kepada sektor bisnis korporasi, komersil dan SME. Di BRI Syariah prinsip bagi hasil dalam sektor UKM yaitu pembiayaan musyarakah SME, bank menjadi mitra nasabah untuk mengembangkan usaha yang dimiliki oleh nasabah atau masyarakat. Sehingga, bank syariah memiliki peran penting terhadap perekonomian masyarakat/ sektor riil khususnya pada usaha nasabah. Pembiayaan ini memiliki peluang mendapatkan keuntungan yang besar, namun memiliki resiko yang tinggi pula apabila tidak dikelola dengan baik. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja bank khususnya pada profitabilitas bank tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan pembiayaan musyarakah SME, profitabilitas, dan pengaruh pembiayaan musyarakah SME terhadap profitabilitas di Bank BRI Syariah periode tahun 2011-2015. Dengan tujuan mengetahui perkembangan pembiayaan musyarakah SME, tingkat proftabilitas, dan pengaruh pembiayaa musyarakah SME terhadap profitabilitas di Bank BRI Syariah periode tahun 2011-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan triwulan Bank BRI Syariah selama periode tahun 2011-2015, teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan analisis regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini berdasarkan pengolahan data dengan Uji t dapat dilihat dari tabel output ternyata t hitung adalah 1,729, sedangkan t tabel untuk taraf nyata sebesar 5% dan derajat bebas (n-2) = 18, maka diperoleh t(0,05, 18) =2,101. Berasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (1,729<2,101), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiayaan musyarakah SME dengan tingkat profitabilitas bank.

Keywords


Pembiayaan Musyarakah, Profitabilitas

References


Adiwarman A. Karim, Islamic Banking Fiqh and Financial Analisis, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.

Irham Fahmi, Analisis Kinerja Keuangan, Panduan bagi Akademisi, Manajer, dan Investor untuk Menila dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan, Alfabeta, Bandung, 2011.

Ramat Syafe’I, Fiqh Muamalah, Pustaka Setia, Bandung, 2001.

Friyanto Pandia, Usaha Kecil dan Menengah : Mitra Usaha, Rineka Cipta, 2015.

Suhardjono. Manajemen Perkreditan Usaha Kecil Dan Menengah, Yogyakarta: BPFE, 2003.

Winarno dan Sujana Ismaya, Kamus Besar Ekonomi, CV Pustaka Grafika, Bandung, 2003.

Kasmir, Manajemen Perbankan, Grafindo Persada, Jakarta, 2001

Hasanudin Rahman, Membangun Micro Banking, Pustaka Widyatama, Yogyakarta, 2004.

Habib Nazir dan Muhammad Hasanudin, Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syariah, Kaki Langit, Bandung, 2004.




Flag Counter