Pengaruh Program Z-Mart BAZNAS terhadap Kesejahteraan UMKM Kota Bandung

Silvani Fauziyyah, Udin Saripudin, Popon Srisusilawati

Abstract


Abstract—Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important role in national economic development and growth, but micro enterprises have limited capital and access to financial institutions. Baznas has one of the flagship programs, namely Z-Mart. A program that seeks to advance the capacity of stalls into micro retail by providing capital to mustahik which will later be managed for entrepreneurship. This study aims to analyze how the welfare level of MSME mustahik before and after participating in the program and analyze how the influence of the Z-Mart program in an effort to improve the welfare of MSMEs in the city of Bandung. This research is a quantitative research using classical assumption test and simple linear regression analysis and processed using SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Based on the results of the research that the Z-Mart program does not significantly affect the welfare of mustahik MSMEs in the city of Bandung. So it can be concluded that mustahik micro-enterprises cannot be said to be prosperous. The Mustahik Baznas Economic Empowerment Institute needs to disseminate productive zakat programs, especially the Z-Mart program which has only been running for the past 3 years. In order to help improve the welfare of mustahik and reduce poverty in the city of Bandung.

Keywords: Advertising, Brand Awareness, Le Minerale.

Abstrak—Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional, namun usaha mikro memiliki keterbatasan modal dan akses pada lembaga keuangan. Baznas memiliki salah satu program unggulan yaitu Z-Mart. Program yang berupaya untuk  memajukan kapasitas warung menjadi ritel mikro dengan memberikan modal kepada mustahik yang nantinya dikelola untuk berwirusaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat kesejahteraan UMKM mustahik sebelum dan setelah mengikuti program serta menganalisis bagaimana pengaruh program Z-Mart dalam upaya meningkatkan kesejahteraan UMKM di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana serta diolah menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Berdasarkan hasil penelitian bahwa Program Z-Mart tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesejahteraan UMKM mustahik di Kota Bandung. Sehingga dapat disimpulkan para usaha mikro mustahik belum dapat dikatakan sejahtera. Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Baznas perlu melakukan penyebaran program-program zakat produktif khususnya program Z-Mart yang masih baru berjalan kurang lebih 3 tahun kebelakang ini. Agar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mustahik serta mengurangi angka kemiskinan di Kota Bandung.

Kata Kunci: Iklan, Kesadaran Merek, Le Minerale.


Keywords


Z-Mart and MSMEs Program

Full Text:

PDF

References


Majid, A. (2002). Tantangan dan Harapan Umat Islam di Era Globalisasi.

Risnawati, A. S. (2019). Analisis Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik (Studi Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh NU Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia).

Rochman, F. (2017). Analisa Potensi Zakat UMKM Mebel Melalui BAZNAS untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Jepara.Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saripudin, U. (2016). Filantropi Islam Dan Pemberdayaan Ekonomi. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.Durianto,

Apriliyani, Sri., Malik, Zaini Abdul., Surahman, Maman. Peran Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Banjarnegara dalam Meningkatkan Perekonomian Kaum Dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 7-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.30521

Flag Counter   Â