Tinjauan Etika Bisnis Islam dan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung No. 5 Tahun 2015 terhadap PKL (Studi Kasus Jalan Adipati Agung Baleendah)

Yunita Puspa Febriani, Yayat Rahmat Hidayat, Nanik Eprianti

Abstract


Abstrack- Islamic business ethics is moral in conducting business in accordance with Islamic values.Street vendors on Jalan Adipati Agung Baleendah are taking pedestrian rights and violating government rules. This undergraduate thesis proposes Islamics business ethics for street vendors, which is the implementation from the Regional Regulation No.5 of 2015 who concerning the provision of peace, public orders, and community protection, and a review of Islamic business ethics against street vendors on Jalan Adipati Agung Baleendah.Research approach using case studies, types of research data, namely field research, research data sources, namely primary and secondary data sources, and data collection techniques using observation, interview, and documentation.Data analysis techniques used are descriptive qualitative. The results of this study show that street vendors do not apply the principles of Islamic business ethics in trading, namely the principle of balance / justice (Equilibrium) and free will (Ikhtiar), traders do not give rights to pedestrians and disturb the comfort of the surrounding community.As well as violating the regional regulations of Bandung District No. 5 of 2015 concerning the implementation of peace, public order and community protection by making, installing buildings and selling on road bodies and sidewalks.

Keywords: Islamic Business Ethics, Local Regulations, Street Vendors.

Abstrak- Etika bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pedagang kaki lima di Jalan Adipati Agung Baleendah yaitu mengambil hak pejalan kaki dan melanggar aturan pemerintah. Tujuan dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui etika bisnis dalam berdagang, implementasi peraturan daerah no 5 tahun 2015 tentang penyelenggraan ketentraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat, dan tinjuan etika bisnis dalam Islam terhadap pedagang kaki lima di Jalan Adipati Agung Baleendah. Pendekatan penelitian menggunakan studi kasus, jenis data penelitian yaitu penelitian lapangan, sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder, dan teknik  pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian  bahwa pedagang kaki lima tidak menerapkan prinsip etika bisnis Islam dalam berdagang yaitu prinsip keseimbangan/keadilan (Equilibrium) dan kehendak bebas (Ikhtiar), pedagang tidak memberi hak kepada pejalan kaki dan menganggu kenyamanan masyarakat sekitar. Serta melanggar peraturan daerah kabupaten Bandung No 5 tahun 2015 tentang penyelenggraan ketentraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat dengan membuat, memasang bangunan dan berjualan di badan jalan dan trotoar.

Kata kunci : Etika Bisnis Islam, Peraturan Daerah, Pedagang Kaki Lima.


Keywords


Etika Bisnis Islam, Peraturan Daerah, Pedagang Kaki Lima

Full Text:

PDF

References


Agama RI, Departemen, Al Qur’an Dan Terjemahnya (Revisi Terbaru Departemen Agama RI Dengan Transliterasi Arab Latin Rumiy) (Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2014)

Arikunto, Suhartini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Dahwal, Sirman, ‘Etika Bisnis Menurut Hukum Islam (Suatu Kajian Normatif)’, Supremasi Hukum, 17.1 (2006), 17–30

Djoko, Asmoro, Petunjuk Perencanaan Trotoar No 007/T/BNKT/1990 Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota (Jakarta, 1990)

Fajar, Mukti, and Yulianto Achmad, Dualisme Penelitian Normatif Dan Empiris (Pustaka Pelajar, 2010)

Kabupaten Bandung, Pemerintah Daerah, ‘Peraturan Daerah Kabupaten Bandung No 5 Tahun 2015’, hlm 9

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Refisi (Bandung: PT. Rusyida Karya, 2006)

Mustaq, Ahmad, Etika Bisnis Dalam Islam (Jakarta: Pustaka Al- Kautsar, 2001)

Nazir, M., Metode Penelitian (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003)

Patilima, Hamid, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2013)

Republik Indonesia, Presiden, ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1980 Tentang Jalan’, Bab VII pasal 70

Sastrawati, Isfa, ‘Barang Publik Perkotaan’, 2016

Sumardi, Suryabrata, Metode Penelitian (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002)

Nurfikri, Ghina Safira., Febriadi, Sandy Rizki., Srisulisawati, Popon. Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Pakaian terhadap Etika Pemasaran Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.27907

Flag Counter   Â