Efektivitas Seminar Sosialisasi Ekonomi Syariah MES Wilayah Jawa Barat terhadap Keputusan Peserta Dalam Memilih Produk Syariah

Resi Rismayanti, Neneng Nurhasanah, Eva Misfah Bayuni

Abstract


Abstract : The development of the Islamic economy in West Java is very large, but the market share of Islamic banking is still low. The presence of MES is expected to be able to educate and socialize sharia economics through its programs to the wider community. However, the role of MES has not been seen to be significant. MES West Java Region Islamic Economic Socialization Seminar on participants' decisions in choosing sharia products. This research method uses quantitative. Sources of data in the form of primary and secondary. The type of data is field data. Data collection techniques using questionnaires and interviews. Data analysis using simple regression analysis and data processing through SPSS software. The results of this study indicate that the MES Islamic Economic Socialization seminar program in the West Java Region consists of the Sharia Guarantee Roadshow and the Sharia Insurance Roadshow. Decision making in choosing sharia products based on respondents' responses is 69% of participants who expressed interest or interest in using sharia products. The effectiveness of the MES Islamic economic socialization seminar in the West Java Region on participants' decisions in choosing sharia products has a positive and significant influence. The coefficient of determination is 0.240 which means that the influence of the Islamic economic socialization seminar variable on participants' decisions in choosing sharia products is 24% and the remaining 76% is influenced by factors other.

Keywords: Islamic Economics, MES, Effectiveness

Abstrak : Perkembangan ekonomi syariah di Jawa Barat sangat besar, namun market share perbankan syariah masih rendah. Hadirnya MES diharapakan dapat mengedukasi dan mensosialisasikan ekonomi syariah melalui program-programnya kepada masyarakat luas.tetapi, peran MES belum terlihat signifikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program seminar sosialisasi ekonomi syariah MES Wilayah Jawa Barat, pengambilan keputusan peserta dalam memilih produk syariah, dan efektivitas seminar sosialisasi ekonomi syariah MES Wilayah Jawa Barat terhadap keputusan peserta dalam memilih produk syariah. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Sumber data berupa primer dan sekunder. Jenis datanya ialah data lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan waancara. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan pengolahan data melalui software SPSS.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program seminar sosialisasi ekonomi syariah MES Wilayah Jawa Barat terdiri dari Roadshow Penjaminan Syariah dan Roadshow Asuransi Syariah.Pengambilan keputusan dalam memilih produk syariah berdasarkan tanggapan responden ada 69% peserta yang menyatakan tertarik atau berminat menggunakan produk syariah. Efektivitas seminar sosialisasi ekonomi syariah MES Wilayah Jawa Barat terhadap keputusan peserta dalam memilih produk syariah adanya pengaruh positif dan signifikan.Nilai koefisien determinasi sebesar 0,240 yang berarti pengaruh variabel seminar sosialisasi ekonomi syariah terhadap keputusan peserta dalam memilih produk syariah 24% dan sisanya 76% dipengaruhi faktor lain.

Kata kunci : Ekonomi Syariah, MES, Efektivitas.


Keywords


Ekonomi Syariah, MES, Efektivitas

Full Text:

Untitled PDF

References


Amalia, R. (2012). Efektivitas Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Kota Bandar lampung Tentang Waktu Pembuangan Sampah Sebagai Upaya Menciptakan Kebersihan Lingkungan. (p. 12). Lampung: Skripsi Universitas Lampung.

Masyarakat Ekonomi Syariah. (n.d.). Retrieved Februari 20, 2020, from http://www.ekonomisyariah.org/

Masyarakat Ekonomi Syariah, profile, program. (n.d.). Retrieved Februari 20, 2020, from http://www.ekonomisyariah.org/tentang-mes/program-mes/

Setiawan, M. (2008). Efektivitas Pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Skripsi Universitas lampung.

Nurfikri, Ghina Safira., Febriadi, Sandy Rizki., Srisulisawati, Popon. Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Pakaian terhadap Etika Pemasaran Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.27340

Flag Counter   Â