Analisis Pelayanan Islami dalam Manajemen Rumah Sakit terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Al-Islam Bandung

Hikmat Kusmurdani

Abstract


Abstract. Islamic Health Services are all forms of medical care and nursing care activities framed by Islamic principles. Medical and nursing activities in Islam are a manifestation of human functions as caliphs and servants of Allah in carrying out their humanity, helping other humans who have health problems and fulfilling their basic needs both actual and potential. This study aims to determine the quality of Islamic services in the management of Al-Islam Hospital Bandung, knowing the level of patient satisfaction at Al-Islam Hospital Bandung. The research method used is using qualitative research. Data collection techniques used were interview techniques, observation techniques, and documentation techniques. This study uses a qualitative method, which means examining problems by tracing and examining materials in the form of theoretical data from literature related to service and consumer satisfaction in Islam. The data collection techniques used were interviews, documentation and literature study. Based on the results of research by researchers at Al-Islam Hospital Bandung with interview and observation techniques and distributing questionnaires to patients, the service and quality and facilities provided by the Al-Islam Hospital are quite satisfying according to the results of observations and answers from patients.

Keywords: Islamic Services and Patient Satisfaction.

Abstrak. Pelayanan Kesehatan Islami adalah segala bentuk kegiatan asuhan medik dan asuhan keperawatan yang dibingkai dengan kaidah-kaidah islam. Kegitan medis dan keperawatan dalam islam merupakan manifestasi dari fungsi manusia sebagai khalifah dan hamba Allah dalam melaksanakan kemanusiaannya, menolong manusia lain yang mempunyai masalah Kesehatan dan memenuhi kebutuhan dasarnya baik actual maupun potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Islami dalam Manajemen Rumah Sakit Al-Islam Bandung, Mengetahui Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah Menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, Teknik observasi, dan Teknik dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif, yang berarti mengkaji permasalahan dengan menelusuri dan menelaah bahan berupa data teoritis dari literatur-literatur yang berhubungan dengan pelayanan dan kepuasan konsumen dalam Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian peneliti di Rumah Sakit Al-Islam Bandung dengan Teknik wawancara dan observasi serta membagikan kuisioner kepada pasien, pelayanan dan kualitas serta fasilitas yang diberikan oleh Rumah Sakit Al-Islam sudah cukup memuaskan sesuai dengan hasil observasi serta jawaban dari para pasien. 

Kata kunci : Pelayanan Islami dan Kepuasan Pasien.



Keywords


Pelayanan Islami dan Kepuasan Pasien.

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas. (2020). Bab II Tinjauan Pustaka 2.1 Rumah Sakit dan Pelayanan Kesehatan Islami, Diakses tanggal 10 Desember.

Al-Qardhawi, Yusuf. (2015). Pelayanan Publik Menurut Islam, Serambi: PT.Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. (2009). Islamic Human Capital, Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v7i1.24813

Flag Counter   Â