Analisis Prioritas Komunikasi Pemasaran Islam terhadap Peningkatkan Volume Penjualan di Zadini Handmade Shoes Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Mulyana Mulus, Mohamad Andri Ibrahim, Intan Manggala Wijayanti

Abstract


Abstract. Based on the data obtained from the pre-observation results, the problem that occurred at Zadini Handmade Shoes was that sales from 2015 to 2019 experienced a significant decline and instability. The decrease in income was caused by ineffective marketing activities, which could affect the decrease in sales volume. The research method used is qualitative, this data is obtained directly from respondents and library data, as well as data collection techniques using questionnaires, interviews, and documentation. In analyzing the data the author uses the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. Based on the data obtained, there are 8 (eight) indicators regarding the Islamic marketing communication mix that affect sales volume, consisting of advertising, sales promotion, event & experience, public relations & publicity, mobile marketing, direct marketing & database, personal selling, online & social media marketing. The indicator with the top priority is Online & Social Media Marketing at 22.2%. Meanwhile, the indicator with the last order is Advertising at 6.9%.

Keyword: Islamic Marketing Communication, Sales Volume, AHP Method

Abstrak. Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil pre-obsevasi, maka permasalahan yang terjadi pada Zadini Handmade Shoes adalah penjualan dari tahun 2015 hingga tahun 2019 yang mengalami penurunan dan ketidakstabilan yang cukup signifikan. Penurunan pendapatan tersebut diakibatkan oleh kegiatan pemasaran yang kurang efektif, yang dapat mempengaruhi penurunan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data ini diperoleh secara langsung dari responden dan data pustaka, serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode AHP (Analytical Hierarcy Proccess). Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa terdapat 8 (delapan) indikator mengenai bauran komunikasi pemasaran Islam yang mempengaruhi volume penjualan, terdiri dari advertising, sales promotion, event & experient, public relation & publicity, mobile marketing, direct marketing & database, personal selling, online & sosial media marketing. Indikator yang menjadi prioritas utama adalah Online & Social Media Marketing sebesar 22,2% Sedangkan, indikator dengan urutan terakhir yaitu Advertising sebesar 6,9%.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Islam, Volume Penjualan, Metode AHP


Keywords


Komunikasi Pemasaran Islam, Volume Penjualan, Metode AHP

Full Text:

PDF

References


(1) Fandy Tjiptono, “Pemasaran Jasa,. ed,†Pertama, Malang: Bayu Media Publishing, 2013.

(2) Ikrimatul Wahyu, “Komunikasi Pemasaran Islam Dalam Perekrutan Anggota Baru Di Perusahaan Multi Level Marketing K-Link Surabaya†(UIN Sunan Ampel Surabaya, 2016).

(3) Eko Putra Boediman dan Armaini Lubis, “Prinsip-Pinsip Islam Dalam Aktifitas Komunikasi Pemasaran Di Agen Perjalanan,†Avant Garde 4, no. 1 (2016).

(4) Mabarroh Azizah, Etika Perilaku Periklanan dalam Bisnis Islam, JURNAL EKONOMI SYARIAH INDONESIA Volume III, No.1 Juni 2013/1434 H

(5) Jusmaliani, Bisnis Berbasis Syariah (Jakarta: Bina Aksara, 2008).

(6) Veitzhal Rivai Zainal dkk., Islamic Marketing.

(7) Irawan, Farid Widjaya dan Sudjoni, Pemasaran Prinsip dan Kasus, Yogyakarta: BPFE, 1998.

(8) Nel Arianty, “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Yamaha Mio Pada PT. Alfa Scorpii Sentral Yamaha,†JRAB: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis 14, no. 1 (2014).

(9) Wawancara Dengan Bapak R. Jaka Pratakusuma, Divisi Marketing Yongki Komaladi, Di Bandung, 08 Agustus 2020

(10) Wawancara Dengan Bapak Pak Roni Tabroni, Dosen Ilmu Komunikasi UIN, Di Bandung, 20 Juli 2020

(11) Wawancara Dengan Ibu Popon, Dosen Pemasaran Fakultas Syari’ah Unisba, Di Bandung, 21 Juli 2020

(12) Wawancara Dengan Ibu Anggit, Dosen Komunikasi, Di Bandung, 20 Juli 2020

(13) Wawancara Dengan Bapak Pak Roni Tabroni, Dosen Ilmu Komunikasi UIN, Di Bandung, 20 Juli 2020

(14) Wawancara Dengan Ibu Anggit, Dosen Komunikasi, Di Bandung 20 Juli 2020

(15) Wawancara Dengan Bapak R. Jaka Pratakusuma, Divisi Marketing Yongki Komaladi, Di Bandung, 08 Agutus 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v7i1.24793

Flag Counter   Â