Pengaruh Pelaksanaan Pengawasan Quality Assurance terhadap Kinerja Karyawan di BPRS Al Salaam Cabang Kota Bandung

Riksa Marisya Putri, Mohamad Andri Ibrahim, Ira Siti Rohmah Maulida

Abstract


Abstract. Quality control is a dimension applied to a sharia banking institution which is a form of job evaluation for all parts and one of the financial institutions that adopt it is the BPRS Al Salaam Bandung City Branch. However, the score of its Employee Performance Index is average, meaning that the implementation of Quality Assurance at BPRS Al Salaam has no significant effect on improving employee performance. Therefore, this study aims to determine the effectiveness of the implementation of Quality Assurance at BPRS Al Salaam Branch of Bandung City; analyze the effect its implementation on improving employee performance; and measure the fluctuation of the IKK score. This type of research is quantitative with descriptive verification method using primary data from interviews and documentation as well as secondary data from documents, company records, literature etc. This research concludes that the implementation of Quality Assurance by the management of BPRS Al Salaam can be received well by the employees, the performance of the employees at BPRS Al Salaam is categorized as sufficient and there is a significant effect of Quality Assurance on employee performance at the BPRS Al Salaam Branch of Bandung City.

Keywords: Supervision, Performance, Employee, Islamic Banks.

Abstrak. Pengawasan berkualitas (Quality Assurance) merupakan dimensi yang diterapkan pada sebuah lembaga perbankkan syariah yang merupakan bentuk evaluasi kerja kesemua bagian. Salah satu lembaga keuangan yang memiliki program pengawasan berkualitas yaitu BPRS Al Salaam Cabang Kota Bandung. Tetapi penerapan Quality Assurance di BPRS Al Salaam tidak begitu signifikan pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja karyawan. Hal ini bisa dilihat dari nilai skor IKK (Indeks Kinerja Karyawan) BPRS Al Salaam yang memiliki nilai IKK dengan kategori cukup. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui efektivitas pelaksanaan Quality Assurance di BPRS Al Salaam Cabang Kota Bandung. Kedua, mengetahui fluktuasi skor IKK di BPRS Al Salaam Cabang Kota Bandung. Ketiga, mengetahui pengaruh efektivitas pelaksanaan Quality Assurance terhadap peningkatan kinerja karyawan di BPRS Al Salaam Cabang Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Dengan sumber data primer dari hasil wawancara dan dokumentasi, sedangkan data sekunder dari dokumen, catatan perusahaan, literature dll. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan Quality Assurance yang dilakukan manajemen BPRS Al Salaam dapat diterima dengan baik oleh para karyawan, kinerja para karyawan di BPRS Al Salaam dikategorikan cukup dan terdapat pengaruh yang signifikan dari  Quality Assurance terhadap kinerja karyawan di BPRS Al Salaam Cabang Kota Bandung.

Kata Kunci: Pengawasan, Kinerja, Karyawan, Bank Syariah


Keywords


Pengawasan, Kinerja, Karyawan, Bank Syariah

Full Text:

PDF

References


Yohannes Yahya, Pengantar Manajemen, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006, hlm. 133.

Sofyan S Harahap, Auditing Dalam Perspektif Islam, Jakarta : Pustaka Quantum, 2015, hlm. 18

Neneng Nurhasanah, Pengawasan Islam Dalam Operasional Lembaga Keuangan Syariah…, hlm. 13

http://blj.co.id/2013/03/08/quality-assurance-dalam-perbankan/diakses pada tanggal 1 Agustus 2019.

Mangku Negara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000, hlm. 67.

Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2009, hlm. 87.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.24651

Flag Counter   Â